Terungkap, Ini Cara Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit untuk Menangkap Radikalisme

- 20 Januari 2021, 15:30 WIB
Kabareskrim Polri yang juga calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo bersiap mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri di ruang Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/1/2021). Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo merupakan calon tunggal Kapolri yang diajukan Presiden Joko Widodo ke DPR untuk menggantikan Jenderal Pol Idham Aziz yang memasuki masa pensiun. /Foto: ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA/

GALAMEDIA - Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menjelaskan untuk pemeliharaan keamanan serta ketertiban nasional (Kamtibnas), akan menitikberatkan moderasi beragama, terutama untuk menangkal intoleransi dan radikalisme.

Ia siap menggunakan cara bersinergi antara pemerintah dan ulama, sebagaimana yang dilakukannya menjadi Kapolda Banten.

“Upaya pemeliharaan kamtibnas dengan mengarusutamakan moderasi beragama,” ungkap Sigit dalam pernyataannya, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu 20 Januari 2021.

Baca Juga: Ingin Sukses Diet? Konsumsi Makanan Ini untuk Mempercepat Metabolisme dan Membakar Lemak

Sigit mengaku perlu dilakukan kolaborasi dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, ormas-ormas berbasis agama, dan para pemangku kepentingan lainnya.

Termasuk melibatkan para ahli dan civil society dalam meningkatkan kesadaran masyarakat atas pemahaman Pancasila sebagai ideologi negara yang memberikan jaminan keamanan kepada seluruh masyarakat, termasuk jaminan beribadah.

“Di sini, bagaimana upaya Polri bersinergi dengan tokoh agama seperti yang dilakukan di Banten, sinergi umaroh (pemimpin) dan ulama, akan kita lakukan.

Sehingga ke depan kita akan mencegah dengan bersinergi dengan masyarakat yang ada terkait hal-hal yang berdampak pada intoleransi dan radikalisme,” ujarnya seperti dilansirkan Antara.

Baca Juga: Selidiki Izin Pendirian Perumahan yang Longsor Cimanggung, Polda Jabar Kumpulkan Barang Bukti

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: PMJNews


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X