Trump Akhiri Jabatan sebagai Presiden AS, Tinggalkan Gedung Putih dan Tak Hadiri Pelantikan Biden

- 21 Januari 2021, 00:22 WIB
Presiden AS Donald Trump. /

GALAMEDIA - Dengan menaiki helikopter kepresidenan, Donald Trump mengakhiri jabatan sebagai presiden Amerika Serikat dengan meninggalkan kediaman resminya, Gedung Putih di Washington, DC, beberapa saat sebelum Joe Biden dilantik sebagai presiden ke-46 AS, Rabu 20 Januari 2021.

Trump meninggalkan Gedung Putih sedikit lewat pukul 08.00 waktu setempat untuk terakhir kalinya dengan helikopter menuju Pangkalan Angkatan Udara Gabungan Andrews.

Trump memutus tradisi politik di AS selama lebih dari setengah abad dengan tidak menghadiri pelantikan Biden.

Baca Juga: Amazfit GTR 2e dan GTS 2e, Kombinasi Sempurna, Desain Penuh Gaya dan Teknologi Kesehatan Mutakhir

Tradisi tersebut dipandang sebagai cara untuk menegaskan peralihan kekuasaan secara damai dari presiden lama kepada presiden baru.

Biden, 78 tahun, akan menjadi presiden tertua dalam sejarah AS.

Pelantikannya terpaksa dilangsungkan di Washington secara jauh lebih sederhana --terutama karena pandemi virus corona, juga karena kekhawatiran atas masalah keamanan usai Gedung Capitol, diserbu massa pendukung Trump pada 6 Januari.

Baca Juga: Ditreskrimsus Polda Jabar Panggil BR untuk Lakukan Klarifikasi Soal Pencemaran Nama Baik

Kekerasan tersebut mendorong Dewan Perwakilan Rakyat AS, yang dikendalikan Demokrat, pekan lalu memakzulkan Trump dan menjadikan presiden dari Partai Republik itu sebagai presiden pertama AS yang dikmazulkan dua kali.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X