Presiden Joe Biden Akan Atur Ulang Tanggapan AS Terhadap Krisis Covid- 19

- 21 Januari 2021, 01:44 WIB
Joe Biden resmi dilantik sebagai Presiden AS ke-46 pada Rabu, 20 Januari 2021. /Twitter.com/@JoeBiden/

GALAMEDIA - Presiden Joe Biden yang baru dilantik, akan segera mengatur ulang tanggapan Amerika Serikat (AS) terhadap krisis Covid-19, saat dirinya menuju Gedung Putih, Rabu 20 Januari 2021. Biden dilantik untuk memimpin negara yang terguncang akibat krisis kesehatan terburuk dalam lebih dari satu abad.

"Kita bisa mengatasi virus mematikan itu," kata Joe Biden dalam pidato pelantikannya sebagai Presiden ke-46 AS, menyerukan persatuan di negara yang dicengkeram oleh perpecahan politik yang tegang.

Biden akan mulai mengerjakan perintah eksekutifnya setelah upacara pelantikan berskala kecil yang sangat berbeda dalam sejarah kepresidenan AS---dengan National Mall yang diubah menjadi "taman bendera", bukan kerumunan orang seperti biasanya---guna menghindari risiko penularan virus.

Baca Juga: Sejarah Baru, Kamala Harris Sah jadi Wakil Presiden Perempuan Pertama AS

Sebagai bagian dari tindakan pertamanya, Biden akan memerintahkan semua pegawai federal mengenakan masker dan mewajibkan penutup wajah di properti milik pemerintah federal.

Biden pun akan mendirikan kantor baru di Gedung Putih untuk mengoordinasikan respons terhadap Virus Corona, dan menghentikan penarikan AS dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)---sebuah proses yang diprakarsai oleh pendahulunya, Donald Trump.

Perintah tersebut menandakan bahwa Biden bertujuan untuk memenuhi janji kampanyenya untuk menjadikan bantuan Covid-19 sebagai prioritas utama dan akan menandai perbedaan tajam dari respons pandemi Pemerintahan Trump, yang menurut para kritikus tidak efektif, tidak terkoordinasi, dan dianggap bertanggung jawab atas kematian lebih dari 400 ribu warga AS.

Baca Juga: Sah, Joe Biden jadi Presiden ke-46 Amerika Serikat Menggantikan Donald Trump

Biden juga siap untuk mencalonkan kepala Korps Kesehatan Masyarakat Amerika segera pada Rabu, menyusul pengunduran diri Jerome Adams yang ditunjuk oleh Trump.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X