Presiden AS Joe Biden dan Wakilnya Tiba dengan Selamat di Gedung Putih

- 21 Januari 2021, 08:56 WIB
Presiden ke-45 Amerika Serikat tinggalkan pesan untuk Presiden AS Joe Biden.
Presiden ke-45 Amerika Serikat tinggalkan pesan untuk Presiden AS Joe Biden. /Instagram.com/@joebiden/

GALAMEDIA- Presiden ke-46 Amerika Serikat (AS), Joe Biden tibadi Gedung Putih dengan selamat usai dilantik. Gedung pemerintahan Amerika Serikat itu dijaga oleh lebih dari 25.000 tentara, dan tanpa ratusan ribu penonton yang biasanya memadati ritual empat tahunan itu.

Tindakan pencegahan itu belum pernah terjadi sebelumnya untuk memastikan Presiden Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris aman dari insiden dalam sebuah upacara pelantikan di luar gedung Kongres AS, Capitol, Rabu 30 Januari 2021.

Sebelumnya, dua minggu yang lalu massa menyerang gedung Capitol untuk mencegah Kongres menyatakan kemenangan Joe Biden dan Kamala Harris. Namun upaya tersebut berujung pada kegagalan.

Baca Juga: Tim SAR DMC DD Bantu Bersihkan Material Pascabanjir Bandang Di Bogor

Setelah keluar dari Capitol dengan iring-iringan mobil yang lambat, Biden dengan cepat melanjutkan perjalanannya dan sampai di blok terakhir dari Departemen Keuangan ke Gedung Putih, tanpa diduga ia menyapa beberapa tamu yang diundang serta para jurnalis di sepanjang jalan.

"Hanya beberapa hari setelah massa yang melakukan huru-hara di Capitol dan mereka mengira bisa menggunakan kekerasan untuk membungkam keinginan rakyat, menghentikan kerja demokrasi kita, itu tidak terjadi. Itu tidak akan pernah terjadi. Tidak hari ini, tidak besok, tidak selamanya," kata Biden dalam pidato pengukuhannya di Capitol.

Beberapa kelompok ekstremis sayap kanan telah berjanji untuk mengganggu pelantikan Biden setelah serangan 6 Januari, tetapi hanya protes yang tersebar yang muncul pada hari Rabu.

Baca Juga: Renungan Hadis Pagi Ini, Aku Akan Bersamanya Selama ia Mengingat-Ku

Di luar Union Station, terminal kereta kota, pasukan Pengawal Nasional yang membawa senapan berdiri di belakang pagar berlapis kawat yang menutup Capitol Hill.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x