Wow, Sebanyak 242 Kejadian Bencana Alam Sepanjang 2020 Terjang Kota Cimahi

- 21 Januari 2021, 11:11 WIB
Ilustrasi Banjir./
Ilustrasi Banjir./ /Galamedia/Darma Legi
 
GALAMEDIA - Sedikitnya ada 242 kejadian bencana sepanjang tahun 2020, yang tersebar di 3 Kecamatan yang ada di Kota Cimahi. Kejadian tersebut didominasi angin puting beliung, dan banjir.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi, Asep Bachtiar mengatakan, jumlah kejadian bencana itu tercatat sejak Januari sampai Desember yang tersebar di 3 kecamatan dengan 15 kelurahan se-Kota Cimahi.

Di Kecamatan Cimahi Utara tercatat ada 104 kejadian, Kecamatan Cimahi Tengah sebanyak 47 kejadian, dan Kecamatan Cimahi Selatan sebanyak 91 kejadian.

 
"Rekap kejadian bencana Januari sampai Desember 2020 ada 242. Lebih banyaknya banjir sama angin puting beliung," ungkap Asep saat ditemui di kantor BPBD Kota Cimahi Jalan Daeng Ardiwinata, Rabu 20 Januari 2021.
 
Disebutkannya, dari semua kejadian, angin puting beliung cukup menonjol tahun lalu dimana ada 36 kejadian yang menempati urutan kedua, setelah banjir dengan 53 kejadian.

Kemudian disusul tanah longsor dengan 53 kejadian, kebakaran 20 kejadian, dan bencana lainnya sebanyak 103 kejadian.
 
 
"Bencana lainnya itu seperti pergerakan tanah. Kan itu sempat ada juga di wilayah selatan. Kemudian kemunculan kera dan sebagainya," sebut Asep.

Penanggulangan bencana sepanjang tahun 2020 sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, dimana ada wabah Covid-19. BPBD Kota Cimahi menjadi bagian di dalamnya untuk melakukan penanganan.
 
Baca Juga: Harus Tahu! Ini Makna Hasil CT dalam Test PCR Swab, Jangan Hanya Tahu Positif atau Negatif

"Tercatat yang masuk ke kita untuk  penyemprotan disinfektan ada sekitar 143 permintaan," terangnya. ***

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x