Joe Biden Dilantik Jadi Presiden AS, Ini Harapan Menkeu Sri Mulyani

- 21 Januari 2021, 15:10 WIB
Menteri Keuangan RI Sri Mulyani.
Menteri Keuangan RI Sri Mulyani. /Instagram.com/@smindrawati


GALAMEDIA - Dilantiknya Joe Biden jadi Presiden Amerika Serikat (AS) ke-46 diharapkan bisa memulihkan ekonomi global yang tertekan akibat pandemi Covid-19.

Hal ini dikatakan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, Kamis 21 Januari 2021. Menurutnya, ekonomi global masih menghadapi ketidakpastian.

"AS yang hari ini memiliki presiden baru tentu merupakan harapan untuk segera pulih dan memberikan kepastian bagi ekonomi dunia,” kata Menkeu Sri Mulyani dalam acara 11th Kompas100 CEO Forum di Jakarta.

Baca Juga: Minum Miras dan Nonton Video Porno, Ini Kelakuan Pelaku Pelecehan pada Istri Isa Bajaj

Sri Mulyani menuturkan ekonomi China yang mulai menunjukkan pemulihan meskipun masih tumbuh di bawah 3 persen akan turut menciptakan kepastian bagi ekonomi global.

Apalagi banyak negara mulai memiliki harapan dengan ditemukannya vaksin Covid-19, sehingga beberapa negara telah melakukan vaksinasi pada Desember 2020 seperti Inggris dan Amerika Serikat.

Lebih lanjut Sri Mulyani menjelaskan, beberapa aspek tersebut mampu memunculkan suasana optimisme pada tahun ini meskipun ekonomi dunia masih akan diliputi ketidakpastian akibat pandemi sejalan dengan terjadinya gelombang kedua.

Baca Juga: Menkeu : Program Vaksinasi Mampu Membawa Harapan Masyarakat untuk Pemulihan Ekonomi

Gelombang kedua terjadi, karena beberapa negara memasuki musim winter sehingga jumlah kasus melonjak tinggi seperti di negara-negara Eropa, AS, China, dan Jepang.

Karena itu, seperti dilansirkan Antara, Indonesia akan terus menggunakan berbagai instrumen kebijakan secara tepat waktu, fleksibel, adaptif, transparan, dan akuntabel dalam mengendalikan dampak pandemi.

Pemerintah Indonesia juga melakukan langkah yang sama dengan negara lain yaitu mengkombinasikan kebijakan fiskal, moneter serta sektor keuangan untuk melakukan menahan merosotnya ekonomi.

Baca Juga: Wow! 25 Relawan Uji Klinis Terpapar Positif Covid-19, Begini Kata Ketua Tim Uji Klinis

“Paling penting seluruh pemangku kepentingan bekerja sama, berkolaborasi, bergotong-royong untuk memulihkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat kita,” tegasnya. ***

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x