Inalillahi, 52 Kabupaten Kota di Jawa Bali Masuk Zona Merah

- 21 Januari 2021, 19:03 WIB
Ilustrasi Covid-19. Hamper setengahnya kabupaten kota di Indonesia yang masuk zona merah ada di Jawa Bali. //Pixabay/

GALAMEDIA - Sebanyak 52 kabupaten/kota di Pulau Jawa dan Bali yang memiliki risiko tinggi penularan COVID-19 (zona merah), atau hampir mencapai setengah dari total daerah berisiko tinggi virus corona di Indonesia.

Di Indonesia sendiri ada 108 kabupaten dan kota yang berstatus zona merah di Indonesia.

“Hampir setengah zona merah di Indonesia berasal dari kabupaten/kota di Pulau Jawa dan Bali. Sebagai informasi, zona merah di Indonesia saat ini jumlahnya 108 kabupaten kota,” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito.

Baca Juga: Resmi, Pencarian korban dan Puing-puing Pesawat Sriwijaya Air Dihentikan

Dijelaskan Wiku, perkembangan kasus COVID-19 di Indonesia selama empat pekan terakhir, tidak sesuai dengan harapan. Sebab zona merah kembali meningkat, terutama di Jawa dan Bali.

"Tren perkembangan zonasi risiko Jawa dan Bali ini sempat mengalami penurunan zona merah pada Tanggal 3 Januari 2021, yaitu dari 41 kabupaten/kota menjadi 32 kabupate/nkota. Namun kemudian angkanya meningkat pada minggu setelahnya, yaitu dari 39 kabupaten kota, dan bahkan meningkat drastis pada minggu ini, yaitu menjadi 52 kabupaten/kota," ucap Wiku.

Karenanya Wiku mengimbau, masyarakat tetap menjalankan seluruh aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diterapkan di Jawa dan Bali.

Baca Juga: Kasus Kerumunan Raffi Ahmad di Rumah RG Akhirnya Dihentikan, Begini Penjelasan Polisi

Lebih Lanjut Wiku menuturkan, jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 meningkat sebanyak 11.703 pada Kamis (21/1) ini sehingga total kasus menjadi 951.651 pasien, sedangkan total kasus sembuh dari COVID-19 sebanyak 772.790, dan kasus pasien meninggal karena COVID-19 sebanyak 27.203 orang.***

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X