Stok Daging Cukup untuk Tiga Bulan Kedepan, Para Pedagang Kembali Akan Berjualan Besok

- 22 Januari 2021, 11:31 WIB
Daging sapi beku dari Australia yang diduga beredar di wilayah Kabupaten Garut /

GALAMEDIA - Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI) menyebut para pedagang daging sapi akan siap berjualan lagi secara penuh pada Sabtu, 23 Januari 2021. Ini seiring dengan mulai kembali cukupnya stok daging sapi beku.

Menurut Sekretaris Jenderal APDI, Yayan Suryana stok daging tersebut akan cukup selama tiga bulan ke depan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek). Karena adanya stok daging beku dari satu perusahaan (PT Suri Nusantara Jaya).

Stok mereka diperlihatkan kepada APDI oleh Kementerian Perdagangan kemarin, Kamis, 21 Januari 2021. Oleh sebab itu, Yayan mengklaim anggotanya bisa memiliki kepastian untuk berjualan.

"Karena aksi mogok ini sampai tiga hari, kemungkinan besar tidak kompak semuanya malam ini, kemungkinan besar hampir 100 persen malam Sabtu," tuturnya di Bekasi, Jumat 22 Januari 2021.

Baca Juga: PVMBG : Gunung Merapi dan Sinabung siaga, Anak Krakatau dan Semeru Level Waspada

PT Suri sendiri mengaku memiliki stok daging beku sebanyak 17 ribu ton. Total stok itu lebih dari kebutuhan konsumsi satu bulan di DKI Jakarta yang dicatat Kementerian Perdagangan sebanyak 5.500 ton. Dengan begitu, cukup untuk memenuhi tiga bulan.

"Alhamdulillah pihak pemerintah merespons dengan sangat baik, dan kami dibawa ke sini dengan melihat stok daging di sini menjadi bahan solusi kami. Ternyata Alhamdulillah untuk tiga bulan ke depan PT Suri ternyata mencukupi untuk kebutuhan kami," ucap dia.

Alasan mogok jualan

Yayan pun mengungkapkan alasan para pedaging sapi beberapa hari ini yang melakukan aksi mogok jualan. Tidak lain, katanya, disebabkan mahalnya harga daging sapi segar yang bisa diperoleh di Rumah Potong Hewan (RPH).

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X