Duh, Asesmen Nasional Diundur Karena Pandemi, Awalnya Maret Jadi September-Oktober 2021

- 23 Januari 2021, 07:42 WIB
Ilustrasi siswa SMA /ANTARA / Andreas Fitri Atmoko

GALAMEDIA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim menegaskan pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) yang sedianya dijadwalkan pada Maret 2021, diundur menjadi September-Oktober 2021.

Di antara alasannya diundurnya pelaksanaan AN ini adalah antisipasi masa pandemi yang prediskinya masih akan lama, mengingat kasus positif COvid-19 masih relatif meningkat.

"Jadi, Kemendikbud memutuskan untuk menunda pelaksanaan Asesmen Nasional dengan target jadwal baru, yaitu September dan Oktober 2021,” jelas Mendikbud dalam rapat virtual dengan Komisi X DPR seperti dikutip galamedia dari laman Disdik Jabar, Sabtu 23 Januari 2020.

Baca Juga: Makna Asmaul Husna: Al Khobir, Al Halim, Al Adhiim, Semoga Selalu Ada dalam Lindungan-Nya

Selain itu, alasan lainnya, untuk memastikan kesiapan sekolah penyelenggara AN khususnya dalam penyedian sarana dan prasarana protokol kesehatan yang memadai. Begitu juga untuk urusan logistik pelaksanaan Asesmen Nasional.

”Kesiapan logistik dan infrastruktur itu harus optimal untuk memastikan protokol kesehatan terjaga dan keamanan bagi siswa,” tuturnya.

Namun, Mendikbud memastikan AN tetap dilaksanakan tahun ini. Sebab, AN bertujuan untuk mengetahui learning outcome dan seberapa besar gap loss yang terjadi akibat pandemi.

Baca Juga: Siapa yang Mencari Ilmu Surga yang Ia Cari, Siapa yang Mencari Maksiat Neraka yang Ia Cari

”Kita tidak ada ujian dalam skala nasional di 2020 karena pandemi Covid-19 dan tahun 2021 pun kalau tidak dilaksanakan, kita tidak punya data point baseline.," katanya.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X