Menhan Kulit Hitam Pertama di Amerika, Ini Sosok Lloyd Austin yang Langsung Bahas Corona

- 23 Januari 2021, 10:23 WIB
Menteri Pertahanan kulit hitam pertama Amerika, Lloyd Austin . /ANTARA

GALAMEDIA - Sejarah tertoreh di Amerika pada Jumat 22 Januari 2021 kemarin. Ya, Pensiunan jenderal Angkatan Darat Lloyd Austin dilantik menjadi Menteri Pertahanan kulit hitam pertama Amerika.

"Sampai jumpa di lingkungan gedung (Pentagon)," kata Austin yang berusia 67 tahun saat menyapa wartawan di tangga Pentagon.

Austin tiba di Pentagon beberapa menit setelah konfirmasi Senat masuk ke jadwal sibuknya yang termasuk percakapan telepon dengan sekretaris jenderal NATO.

Baca Juga: Pertimbangkan Impor Bawang Putih, Kenaikannya Sudah Terlihat Sejak Pertengahan 2020

Setelah dilantik, Austin menerima pengarahan intelijen pertamanya sebagai kepala Pentagon. Dia kemudian memimpin pertemuan tentang pandemi virus corona dengan para pemimpin Departemen Pertahanan, banyak yang bergabung secara virtual.

Pandemi - dan korban tewasnya lebih dari 400.000 orang Amerika - adalah tema pesan pertama Austin kepada anggota angkatan bersenjata. Dia mencatat dukungan militer kepada para profesional perawatan kesehatan Amerika, dan berkata, "Anda dapat mengharapkan misi itu berlanjut."

"Tapi kami harus membantu pemerintah federal bergerak lebih jauh dan lebih cepat untuk memberantas efek merusak dari virus corona," kata Austin, tanpa merinci bantuan tambahan seperti dikutip Antara.

Baca Juga: Hindari 8 Masker Ini, Tidak Efektif Tangani Virus Corona, Jangan Sia-Sia Kalau Tak Guna

Percakapan telpon pertama Austin dengan seorang pemimpin asing sebagai menteri pertahanan adalah dengan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg, menggarisbawahi pentingnya pemerintahan Biden menempatkan aliansi tersebut.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X