Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Pastikan Tak Ada Kelangkaan Pupuk di Jabar Awal 2021

- 23 Januari 2021, 15:01 WIB
Ilustrasi-Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura memastikan tak ada kelangkaan pupuk di awal tahun 2021 di Jawa Barat.
Ilustrasi-Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura memastikan tak ada kelangkaan pupuk di awal tahun 2021 di Jawa Barat. /Dok/PT Pupuk Indonesia (Persero)/

GALAMEDIA - Sempat terkendala dalam penyaluran, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura memastikan tak ada kelangkaan pupuk di awal tahun 2021 di Jawa Barat.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Jabar, Dadan Hidayat memastikan saat ini pupuk sudah tersalurkan ke 27 kabupaten/kota.

"Di awal tahun 2021 kelangkaan pupuk tidak ada. Hambatan penyaluran pupuk karena masih ada sebagian daerah yang belum terbit SK alokasinya. tetapi per tanggal 21 Januari 2021, seluruh 27 kabupaten/kota sudah menerbitkan SK alokasi sehingga hambatan sudah bisa teratasi," terang Dadan.

Baca Juga: Catat! Cara Alami Mengatasi Hidung Mampet yang Tak Ribet

Dijelaskan Dadan, usulan kebutuhan pupuk bersubsidi diajukan daerah melalui sistem elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK). Usulan berawal dari masing-masing kecamatan dengan verifikasi berjenjang.

Jenjangnya mulai dari Koordinator Penyuluh, Kasi Penyuluhan kabupaten/kota, Kabid Penyuluhan kabupaten/kota hingga disahkan oleh Kadis Pertanian kabupaten/kota.

"Dikirim terakhir pada 28 November 2020 melalui sistem e-RDKK ke Kementerian Pertanian. Namun untuk mengakomodir petani yang belum terinput, Kementerian Pertanian sistem e-RDKK kembali dibuka selama dua hari pada tanggal 14 dan 15 Januari 2021," jelasnya.

Dadan juga menyatakan, jumlah kebutuhan pupuk bersubsidi lebih tinggi dari alokasi yang ditetapkan. Oleh karena itu, dalam menetapkan alokasi untuk masing-masing daerah mendekati kebutuhan pupuk bersubsidi sesuai dengan kondisi wilayah.

Baca Juga: Habib Rizieq Kembali Dilaporkan ke Bareskrim Polri oleh BUMN, Kali Ini Soal Kasus Terbaru

"Maka dilakukan dengan mempertimbangkan realiasi tahun 2019, alokasi 2020, dan tentunya e-RDKK 2021 masing-masing kabupaten/kota," lanjutnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x