Cegah Banjir, Satgas Citarum Kembali Tanam Bibit Buah di Cimenyan

- 23 Januari 2021, 22:37 WIB
Kegiatan aksi tanam di lahan kritis Kampung Cisanggarung, Desa Cikadut, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Sabtu, 23 Januari 2021./Odesa Indonesia /

  GALAMEDIA - Rutin menanam pohon buah-buahan di Kawasan Bandung Utara (KBU) adalah cara terbaik untuk mencegah terjadinya bencana alam.

Selain itu, tanaman buah juga akan bermanfaat besar bagi peningkatan ekonomi petani dan menghasilkan gizi masyarakat. Hal tersebut dikatakan Komandan Sektor 22 Satuan Tugas Citarum Harum, Kolonel Inf Eppy Gustiawan S.ip.

"Kita harus menjaga alam supaya alam menjaga kita. Campur tangan manusia diperlukan dengan tindakan nyata melalui komunitas kecil sangat diperlukan untuk mengatasi persoalan erosi," kata Eppy.

Baca Juga: Charly Setia Band Disebut-sebut Jadi Duta Pendidikan, Vicky Prasetyo: Wow, Keren Benget Ya

"Lahan semakin terbatas, bangunan meningkat. Kita harus terus bekerja dan mengedukasi masyarakat untuk memperhatikan alam," sambung dia di tengah kegiatan aksi tanam di lahan kritis Kampung Cisanggarung, Desa Cikadut, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Sabtu, 23 Januari 2021.

Sekalipun tindakan kecil tetapi kalau melibatkan banyak pihak, terutama warga masyarakat di desa-desa, kemajuan kerja perbaikan lingkungan akan dirasakan secara nyata.

Apalagi di Kawasan Cimenyan yang tanahnya subur, menurut Eppy perlu diperbanyak tanaman buah sehingga memungkinkan terciptanya pertanian yang produktif menghasilkan buah-buahan.

Kegiatan bersama para petani dan relawan Yayasan Odesa Indonesia kali ini menanam 200 pohon buah-buahan seperti alpukat, klengkeng, mangga, dan ambu. Juga disertakan tanaman kelor dan 2.000 bibit tanaman kopi.

Baca Juga: Cek Fakta: Benarkah Tenaga Honorer Akan Diangkat Menjadi ASN Tanpa Melalui Tes?

Kegiatan aksi tanam di lahan kritis Kampung Cisanggarung, Desa Cikadut, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Sabtu, 23 Januari 2021./Odesa Indonesia
Kegiatan aksi tanam di lahan kritis Kampung Cisanggarung, Desa Cikadut, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Sabtu, 23 Januari 2021./Odesa Indonesia

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X