Awas! Wilayah Gunung Mas Puncak Bogor Masih Dibayangi Ancaman Banjir Bandang

- 25 Januari 2021, 10:18 WIB
Potret situasi kawasan Gunung Mas, Desa Tugu Selatan, Puncak, Kabupaten Bogor, yang sempat dilanda bencana banjir bandang, Selasa, 19 Januari 2021 lalu.
Potret situasi kawasan Gunung Mas, Desa Tugu Selatan, Puncak, Kabupaten Bogor, yang sempat dilanda bencana banjir bandang, Selasa, 19 Januari 2021 lalu. /Instagram.com/@bpbdkabbogor

GALAMEDIA - Kampung Gunung Mas di Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jabar beberapa waktu lalu diterjang banjir bandang.

Badan Informasi Geospasial (BIG) menyatakan, kampung tersebut masih dibayangi banjir bandang yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

BIG pun menyarankan adanya upaya memperkuat mitigasi bencana di daerah tersebut.

Baca Juga: Dua Gempa Bumi di Atas Magnitudo 5 Guncang Papua Senin 25 Januari 2021 Pagi

"Wilayah ini secara alami berada pada wilayah outlet (keluaran) yang berupa jalur buangan material dan air dari daerah hulu di atasnya, sehingga dari sisi ekosistem di wilayah ini berpotensi kembali terjadi banjir bandang di kemudian hari," ujar Koordinator Informasi Geospasial Tematik Bidang Kebencanaan BIG, Ferrari Pinem, Senin 25 Januari 2021.

Pada 19 Januari 2021 banjir bandang melanda Kampung Gunung Mas setelah hujan dengan intensitas 50 sampai 100 milimeter per hari mengguyur daerah itu.

Tim dari Pusat Pemetaan dan Integrasi Tematik BIG melakukan kaji cepat mengenai banjir bandang yang terjadi di Gunung Mas, kampung yang berada di jalur buangan material air dari daerah hulu.

Kampung itu berada di sub Daerah Aliran Sungai (DAS) Cisampay, yang merupakan bagian dari hulu DAS Ciliwung.

Baca Juga: Ratusan WN China Mendarat di Indonesia, Karantina Ketat Langsung Diberlakukan

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x