Program BBS Dihentikan, Kabupaten Bandung Kembali Dipenuhi Sampah

- 25 Januari 2021, 14:24 WIB
Koordinator Bandung Bersih Sampah Kecamatan Majalaya Sonny Achmad Wibawa saat memantau penumpukan sampah di Jalan Raya Anyar Desa Bojong Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung, Senin 25 Januari 2021.
Koordinator Bandung Bersih Sampah Kecamatan Majalaya Sonny Achmad Wibawa saat memantau penumpukan sampah di Jalan Raya Anyar Desa Bojong Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung, Senin 25 Januari 2021. /Engkos Kosasih

GALAMEDIA - Koordinator Wilayah Bandung Bersih Sampah (BBS) Kecamatan Majalaya Sonny Achmad Wibawa berharap ada kelanjutan program BBS soal pengelolaan sampah berkaitan dengan kebersihan lingkungan di Kabupaten Bandung.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung melalui Dinas Lingkungan Hidup melaksanakan program Bandung Bersih Sampah sejak Juli hingga Desember 2020 lalu.

"Sejak Januari 2021 hingga saat ini, program BBS dihentikan karena kontraknya habis sampai Desember 2020, setelah dilaksanakan awal Juli 2020 lalu. Kami berharap, BBS ini dipercepat untuk ditindaklanjuti," kata Sonny Achmad Wibawa kepada Galamedia di Majalaya, Senin 25 Januari 2021.

Baca Juga: Bunuh dan Bakar Petani, Tersangka ditangkap setelah Buron sejak September 2020

Menurut Sonny, dengan kekuatan 15 kader BBS ditambah satu koordinator dengan total 16 orang itu, dalam kesehariannya selama 6 bulan fokus pada penanganan sampah di semua desa di Kecamatan Majalaya.

"Korwil dan kader BBS ini sangat respon sekali untuk membersihkan sampah yang berserakan di sejumlah ruas jalan di Kecamatan Majalaya, selain sampah yang mengendap di selokan maupun pusat-pusat keramaian," katanya.

Dikatakannya, membersihkan sampah itu sudah menjadi program rutin yang ada di semua kecamatan di Kabupaten Bandung, di antaranya Kecamatan Majalaya. Namun dengan jumlah petugas atau pegawai kebersihan yang berbeda.

Baca Juga: Hukum Makan atau Minum Sambil Berdiri, Ini Penjelasannya

"Di Kecamatan Majalaya ada 16 orang, sedangkan di Kecamatan Ibun, Paseh dan Solokanjeruk masing-masing 8 orang. BBS ini juga turut dilaksanakan di Kecamatan Ciparay, Pacet, Kertasari dan Kecamatan Arjasari yang masuk wilayah III. Juga tersebar di kecamatan lainnya," terangnya.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x