Duh, Tanaman Polybag di Halaman Gedung IIP Alami Stunting, Petugas pun Angkat Tangan

- 25 Januari 2021, 18:15 WIB
Hendrik Kasi Sayuran Bidang Hortikultura Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab.Sumedang, yang dipanggil khusus untuk menangani tanaman polybag, memperlihatkan buah tomat yang busuk, Senin 25 Januari 2021.
Hendrik Kasi Sayuran Bidang Hortikultura Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab.Sumedang, yang dipanggil khusus untuk menangani tanaman polybag, memperlihatkan buah tomat yang busuk, Senin 25 Januari 2021. /ADE HADELI/GM.

GALAMEDIA - Sejumlah tanaman polybag di Halaman Gedung Induk Pusat Pemerintahan (IIP) Kabupaten Sumedang, alami "stunting", akibat kurang perawatan.

Alhasil tananam berupa tomat dan cabe itu daunya menguning dan buahnya membusuk, bahkan cenderung terancam mati.

"Jika dilihat, tanaman-tanaman ini, kurang terawat. Lihat saja batang bawahnya kerdil, sedangkan atasnya gemuk. Daun pun menguning dan layu. Buahnya juga sudah ada yang busuk. Karena itu, saya perkirakan tanaman ini tidak akan tumbuh dengan baik," kata Hendrik Kasi Sayuran Bidang Hortikultura Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumedang, yang dipanggil khusus untuk menangani tanaman polybag tersebut, Senin 25 Januari 2021.

Baca Juga: Jadi Perhatian Istana, Kasus Rasial Relawan Jokowi kepada Natalius Pigai Ditarik Bareskrim Polri

Menurut dia, akan sulit untuk merawat tanaman dengan kondisi seperti itu. Karena dengan pemupukan atau penyemprotan hama saja, tidak akan memulihkan keadaanya bisa tumbuh baik.

Selain itu, dianya juga menyanksikan bibit tanaman itu berkualitas baik atau bersertifikasi. Misalnya tanaman tomat itu bentuknya seperti jenis tomat apel. Akan tetapi asal usulnya tidak jelas.

Baca Juga: Gemar Berbelanja? Berikut 5 Tips Hemat Belanja Online

"Oleh sebab itu, sebaiknya tanaman-tanaman ini, diganti saja dengan bibit baru. Karena jika pun dipaksakan dipelihara, hasil produksinya tidak akan bagus," ujarnya. **

 

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x