Pemerintah Klaim Ekonomi Indonesia Semakin Pulih, KUR Meningkat 100 Persen Rp 190 Triliun

- 26 Januari 2021, 12:48 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengklaim perekonomian Indonesia membaik di tengah pandemi Covid-19.
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengklaim perekonomian Indonesia membaik di tengah pandemi Covid-19. /setkab.go.id/Humas/Rahmat.

GALAMEDIA - Pemerintah mengklaim perekonomian Indonesia semakin mengalami pemulihan dari dampak pandemi Covid-19.

Hal itu tercermin dari tren positif pembalikan di beberapa indikator. Salah satu indikatornya, kredit usaha rakyat (KUR) mencapai target 100 persen yaitu Rp 190 triliun.

"Kita lihat indeks keyakinan konsumen sudah membaik di level 96,5 pada Desember. Tentu kita harapkan ini bisa progres 100 persen," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Baca Juga: Berang dengan Aksi Rasisme Relawan Jokowi ke Natalius Pigai, Sahroni: Tindak Tegas, Tak Boleh Pandang Bulu!

Baca Juga: KPK Periksa Lima Anggota DPRD Jabar, Ada Apa Ya?

Ia mengatakan hal itu dalam acara Akselerasi Pemulihan Ekonomi di Jakarta, Selasa, 26 Januari 2021. Salah satu indikator terjadinya pemulihan adalah indeks keyakinan konsumen (IKK) yang telah mencapai 96,5 pada Desember 2020 karena 50 persen dari perekonomian basisnya adalah konsumsi.

Kemudian juga dapat dilihat dari PMI Manufaktur yang telah mencapai 51,3 per Desember 2020 serta impor barang baku dan barang modal yang sudah meningkat.

Selanjutnya adalah kredit usaha rakyat (KUR) yang telah meningkat pada 2020 kemarin sudah mencapai target 100 persen yaitu Rp 190 triliun.

"Kalau kita melihat sektor yang lebih supermikro ataupun kecil itu penggunaan dari finansial teknologi juga angkanya sudah baik sudah mencapai Rp 140 triliun," lanjut dia dikutip dari Antara.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x