Bakal Terdampak, Ngatiyana Minta Masyarakat Waspadai Gempa Akibat Sesar Lembang

- 26 Januari 2021, 18:06 WIB
Ilustrasi Sesar Lembang
Ilustrasi Sesar Lembang /Fix Indonesia

GALAMEDIA - Masyarakat Kota Cimahi diminta waspada terhadap potensi bencana gempa bumi, akibat sesar atau patahan Lembang. Sebab, Kota Cimahi masuk kawasan yang disebut bakal terdampak jika bencana itu terjadi.

Sesar Lembang memiliki panjang 29 kilometer, yang membentang dari Barat ke Timur, dimulai dari Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, hingga Manglayang, Kabupaten Bandung.

Wilayah Kota Cimahi yang berbatasan dengan Kabupaten Bandung Barat dan berada dekat dengan garis patahan, juga menjadi wilayah yang akan terdampak langsung.

Baca Juga: Diperiksa Terkait Kasus Dugaan Rasisme, Ambroncius Nababan Belum Ditahan Bareskrim Polri

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cimahi, Ngatiyana mengatakan, berdasarkan informasi yang diperolehaya, jarak wilayah Kota Cimahi dari lintasan Sesar Lembang hanya 3 kilometer di wilayah utara, dan 12 kilometer ke wilayah selatan.

"Khususnya Cimahi mungkin akan terjadi gempa Sesar Lembang," kata Ngatiyana saat ditemui di ruang kerjanya gedung A Pemkot Cimahi Jalan Demang Hardjakusumah, Selasa 26 Januari 2021.

Untuk di wilayah utara yang berdekatan dengan jalur lintasan Sesar Lembang, ungkap Ngatiyana, itu identik dengan pegunungan bebatuan. Sementara wilayah selatan adalah cekungan bekas danau.

Baca Juga: 153 WNA China Bebas Melenggang Masuk Indonesia, Ketua MPR RI: Harus Jelaskan Urgensinya!

"Sehingga antara utara dan selatan Cimahi ini zonanya merah semua, sehingga identik Cimahi ini riskan gempa pecahan Sesar Lembang," jelas Ngatiyana.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x