Soal Pengangkatan Guru Honorer Jadi PNS pada 2021 Belum Direspons Pemerintah, DPR RI Buat Gerakan

- 27 Januari 2021, 20:22 WIB
Kemendikbud Tegaskan Guru Honorer Masih Berpeluang Jadi PNS
Kemendikbud Tegaskan Guru Honorer Masih Berpeluang Jadi PNS /ANTARA/Irfan Anshori



GALAMEDIA - Komisi X DPR RI berupaya memperjuangkan agar guru honorer bisa diangkat menjadi aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) pada tahun ini.

Untuk itu, anggota dewan tersebut membuat gerakan dengan membentuk Panitia Kerja  untuk mengawal pengangkatan tersebut.

“Hari ini kami memutuskan membentuk Panja Pengangakatan Guru Honorer Menjadi ASN untuk mengawal proses rencana pengangkatan sejuta honorer menjadi PPPK dan untuk menjamin skema CPNS bagi para guru tetap ada,” ujar Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda, dalam keterangannya di Jakarta, Rabu 27 Januari 2021.

Disebutkan, pembentukan Panja Pengangkatan Guru Honorer menjadi ASN itu dilatarbelakangi keprihatinan atas lambannya kinerja pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan para guru.

Baca Juga: Sebut Monyet Ikut Ketawai Guru Besar USU, Rocky Gerung: Ini Ngapain Profesor

Program pengangkatan sejuta guru honorer menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) belum menunjukkan perkembangan berarti.

Target pengajuan formasi guru honorer untuk program tersebut yang dipatok akhir Desember 2020, hingga kemarin belum juga terpenuhi.

"Pun begitu dengan isu penghapusan skema CPNS untuk guru yang ditolak banyak kalangan belum juga direspon tegas oleh pemerintah,” tambah dia.

Huda menegaskan dengan keberadaan Panja Pengangkatan Guru Honorer untuk Menjadi ASN, DPR diharapkan bisa memberikan tekanan lebih kepada pemerintah agar benar-benar memprioritaskan penyelesaian masalah kesejahteraan guru.

Baca Juga: Terinspirasi Pembantaian Muslim di Selandia Baru, Remaja 16 Tahun Berencana Lakukan Penyerangan di 2 Masjid

Menurutnya niat baik dari pemerintah dengan mengangkat sejuta guru honorer menjadi ASN harus benar-benar dikawal dan direalisasikan.

“Kami sungguh mengapreasi itikad baik dari pemerintah tersebut. Kendati demikian hal itu perlu dikawal dengan serius sehingga itikad baik tersebut bisa terealisasi di lapangan,” kata dia.

Politikus PKB tersebut menyatakan Panja Pengangkatan Guru Honorer untuk Menjadi ASN siap menerima masukan dari guru, kepala dinas pendidikan, pemerintah daerah, hingga masyarakat agar proses pengangkatan guru menjadi ASN bisa segera terlaksana.

Baca Juga: Pemerintahan Jokowi Gencarkan Gerakan Wakaf, Rizal Ramli: Kontradiktif Amat Sih ...

Masukan tersebut nantinya akan dibahas bersama dengan pemerintah sehingga kendala di lapangan bisa segera diselesaikan.

“Seperti saat ini kita tidak tahu secara persis kenapa formasi sejuta guru honorer yang mengikuti seleksi belum juga terpenuhi. Apakah karena persoalan minimnya sosialisasi atau Pemda masih setengah hati mengajukan formasi,” kata dia lagi.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x