Ridwan Kamil Instruksikan Industri Cepat Lapor Kasus Positif, Telat Lapor Karawang Zona Merah Tujuh Minggu

- 30 Januari 2021, 12:55 WIB
Kunjungan Gubernur Jabar Ridwan Kamil ke Kabupaten Karawang dalam rangka evaluasi Covid-19
Kunjungan Gubernur Jabar Ridwan Kamil ke Kabupaten Karawang dalam rangka evaluasi Covid-19 /Antara/

 

GALAMEDIA - Di Kab. Karawang jumlah industri lebih banyak dibanding daerah lainnya. Karena di sebuah perusahaan biasanya ada kerumunan, maka potensi penyebaran Covid-19 cukup rentan.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta kalangan industri cepat melaporkan kasus terkonfirmasi positif yang terjadi di pabrik ke Satgas Covid-19 Karawang.Dengan begitu pelacakan dapat dipercepat dan penularan ditekan.

Gubernur bersama jajaran Satgas Covid-19 datang ke Karawang pada Juamt 29 Januari kemafrin untuk membedah sejumlah permasalahan penanganan Covid-19. Diketahui selama tujuh minggu Karawang terus-menerus berstatus zona merah.

Baca Juga: Kearifan Lokal dan Potensi Alam Dalam Konstruksi Seni Rupa Film

Setelah mendengarkan langsung pemaparan Bupati, Cellica Nurrachadiana, diketahui lonjakan kasus terjadi karena ketidakdisiplinan kalangan industri melaporkan kejadian positif. Pelacakan pun lambat dan penularan cepat bertambah.

"Jadi kasusnya ada tapi tidak dilaporkan. Keterlambatan pelaporan ini membuat tracing telat, maka kasus banyak. Ini juga terjadi di salah satu universitas," ungkap Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, dalam siaran persnya Sabtu 30 Januari 2021.

Untuk itu, Emil meminta satgas Covid-19 pabrik lapor secepatnya apabila ada karyawannya terkonfirmasi positif Covid-19. Ia menjamin seluruh biaya perawatan dan ruang isolasi ditanggung pemerintah.

Baca Juga: Cegah Panyebaran Covid-19, Pengendara yang Keluar Tol Soroja Jalani Rapid Test Antigen

"Saya imbau bahwa melaporkan itu bagian dari bela negara. Jadi jangan menutup-nutupi

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x