PDI Perjuangan Tanam Ratusan Pohon dan Tebar Benih Ikan di Sekitar Teras Cikapundung

- 31 Januari 2021, 19:16 WIB
 PDI Perjuangan Kota Bandung melakukan penanaman ratusan bibit pohon dan penebaran benih ikan di sekitar Teras Cikapundung, Jln. Siliwangi, Kota Bandung, Minggu 31 Januari 2021.
PDI Perjuangan Kota Bandung melakukan penanaman ratusan bibit pohon dan penebaran benih ikan di sekitar Teras Cikapundung, Jln. Siliwangi, Kota Bandung, Minggu 31 Januari 2021. /rio ryzki batee/Galamedia News/


GALAMEDIA - Dalam mendukung kelestarian lingkungan, PDI-Perjuangan Kota Bandung melakukan penanaman ratusan bibit pohon dan penebaran benih ikan di sekitar Teras Cikapundung, Jln. Siliwangi, Kota Bandung, Minggu 31 Januari 2021.

Sekitar 200 bibit pohon ditanam dalam kegiatan tersebut, selain itu, kegiatan serupa juga dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Jawa Barat.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bandung, Achmad Nugraha mengatakan bahwa kegiatan penanaman bibit pohon dan menebah benih ikan tersebut, merupakan bukti nyata pihaknya dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan di Kota Bandung.

"Karena alam telah memberikan kehidupan bagi manusia. Sehingga kita ingin menjadi contoh bagi masyarakat untuk terus menjaga lingkungan, dan berharap nantinya dimanfaatkan untuk kehidupan warga kedepannya," ungkapnya.

Baca Juga: Kue Keranjang Khas Imlek Mudah Cara Membuatnya dan Ga Ribet!

Menurutnya Sungai Cikapundung memiliki sejarah bagi Kota Bandung, sehingga menjadi lokasi untuk kegiatan penanaman bibit pohon tersebut.

Terlebih dengan kader PDI-Perjuangan yang pernah menjadi Wakil Wali Kota Bandung, Ayi Vivananda, yang menginisiasi program Cikapundung Bersih di masa pemerintahannya.

"Maka itu kita ingatkan kembali, jika Cikapundung bukan sungai yang pendek, karena bermuara ke Sungai Citarum. Kalau kita bersihkan dari hulu ke hilir, sungai ini akan bermanfaat bagi masyarakat, terutama Kota Bandung," tuturnya.

Baca Juga: Peneliti LAPAN Sebut Hari Ini, 31 Januari 2021 Puncak Musim Hujan, Tetap Waspada

Disinggung kondisi Cikapundung yang mulai kota, lanjutnya, pihaknya meminta Pemkot Bandung untuk kembali mengurus sungai tersebut.

Apalagi dapat menjadi daya tarik masyarakat untuk berkunjung ke tempat tersebut, yang bisa menghidupkan perekonomian warga sekitar.

"Dengan terus dijaga kebersihannya, maka bisa menjadi manfaat bagi masyarakat. Kalau ada kemauan, ada niat, pasti bisa, karena sudah ada sejarah bersihnya Cikapundung," ujar Wakil Ketua DPRD Kota Bandung tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Bandung periode 2008-2013, Ayi Vivananda menerangkan bahwa penanaman pohon ini menjadi upaya menjaga sungai sebagai etalase kota.

Baca Juga: Ini Alasan Bantuan Subsidi Upah Tidak Dilanjutkan di Tahun 2021

Selain itu, menurutnya sungai merupakan wajah peradaban suatu daerah.

"Jadi ini adalah bukti komitmen kami dalam menjaga basis peradaban dan pusat kehidupan manusia. Serta dalam rangka mengajak masyarakat untuk terus menjaga kelestarian lingkungan," tuturnya.

Dikatakannya penanaman pohon juga memiliki fungsi untuk mencegah bencana hidrometeorologi, seperti banjir. Dimana kerusakan lingkungan yang terjadi, disebabkan oleh tangan-tangan manusia yang tidak bertanggungjawab.

Baca Juga: Ngeri!! Adang Tewas dengan 50 Tusukan, Polisi Buru Pelakunya

"Kita harus memuliakan sungai sebagai basis pusat kehidupan manusia, jangan diabaikan. Maka jangan ada penebangan pohon lagi, jangan ada trotoar yang dicor, karena itu salah satu yang menyebabkan banjir. Mari kita mulai untuk melestarikan lingkungan untuk generasi mendatang," tambahnya.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x