Wapres Ma’ruf Amin: 3M dan Vaksinasi adalah Kewajiban, Hindarkan Bahaya dan Ancaman

- 2 Februari 2021, 11:38 WIB
Wapres, KH. Ma'ruf Amin
Wapres, KH. Ma'ruf Amin /Instagram.com/@kyai_marufamin/


GALAMEDIA – Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, serta melakukan vaksinasi. Ma’ruf menilai upaya tersebut harus dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran covid-19.

“Melakukan 3M, mengikuti aturan-aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyrakat (PPKM) dan meakukan vaksinasi, menurut pandnagan ulama merupakan suatu kewajiban,” ujarnya dilansir Galamedia dari Antara.

“Karena apa? Karena itu adalah untuk menghindarkan terjadinya bahaya, mudarat,” sambungnya.

Baca Juga: Dituding Terlibat Kudeta Demokrat, Mahfud MD Klarifikasi: Terpikir Saja Tidak, Apalagi Merestui

Menurutnya, merujuk pada ulama asal Banten Syekh Al Batani menyebutkan terdapat satu tafsir dalam kitab Nawawi mengenai menjaga diri sendiri merupakan kewajiban.

Bukan hanya menghindari serangan bahaya, pandemi covid-19 juga digambarkan sebagai ancaman yang mengintai seluruh masyarakat di dunia.

“Bahwa ayat itu tidak hanya memberikan arti supaya kita bersiap sedia dalam keamanan, untuk menghindarkan serangan musuh.” ucapnya.

“Tetapi juga menunjukkan tentang wajibnya menjaga diri dari segala macam dugaan bahaya covid-19 ini juga bahaya sudah diyakini,” tambahnya lagi.

Baca Juga: Ucapan Hari Valentine Paling Romantis, Bikin Meleleh untuk Pasangan Tersayang

Lebih lanjut, Wapres juga menyampaikan kepada para penyintas covid-19 untuk bersedia membantu pengobatan covid-19 dengan mendonorkan plasma darah konvalesen.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x