Berbagai Jenis Ikan Ditabur Ikan dan Berbarengan dengan Cairan Bios 44 ke Sungai Citarum

- 3 Februari 2021, 14:37 WIB
Komandan Sektor 4/Majalaya Satgas Citarum Harum Kolonel Inf Mulyono HS., bersama jajaran TNI tabur ikan dan cairan Bios 44 ke Sungai Citarum di Kampung Radug Balekambang Desa Sukamaju Kecamata Majalaya Kabupaten Bandung, Rabu 3 Februari 2021.
Komandan Sektor 4/Majalaya Satgas Citarum Harum Kolonel Inf Mulyono HS., bersama jajaran TNI tabur ikan dan cairan Bios 44 ke Sungai Citarum di Kampung Radug Balekambang Desa Sukamaju Kecamata Majalaya Kabupaten Bandung, Rabu 3 Februari 2021. /Engkos Kosasih

GALAMEDIA - Komandan Sektor 4/Majalaya Satuan Tugas Citarum Harum Kolonel Inf Mulyono HS., bersama jajaran TNI lainnya menaburkan berbagai jenis ikan dan cairan Bios 44 di aliran Sungai Citarum di Desa Sukamaju Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung, Rabu 3 Februari 2021. 

Pantauan di lapangan, ikan yang ditaburkan di antaranya jenis lele, ikan nila dan mas. Bersamaan dengan menaburkan ikan yang mencapai puluhan kilogram itu, turut ditaburkan cairan Bios 44 yang mencapai tiga jerigen. Cairan Bios 44 itu untuk memperbaiki kualitas air Sungai Citarum. 

Kolonel Inf Mulyono menyatakan, menaburkan ikan dari berbagai jenis dan cairan Bios 44 itu merupakan yang kedua kali dilaksanakan Satgas Citarum Harum Sektor 4/Majalaya. Sebelumnya kegiatan serupa di aliran Sungai Citarum di kawasan Taman Edukasi Wangisagara Desa Wangisagara Kecamatan Majalaya. 

Baca Juga: Meski Terkesan Getir, Ini 7 Kegiatan Asik Valentine Day bagi Si Jomblo

"Menaburkan ikan dan cairan Bios 44 ini merupakan bagian dari upaya untuk melestarikan lingkungan, di antaranya aliran Sungai Citarum," katanya.

Komandan Sektor 4/Majalaya itu melihat kondisi aliran Sungai Citarum secara perlahan-lahan mulai baik dan pencemaran limbah pabrik bisa diminimalisir. Sehingga berbagai jenis ikan sudah mulai bisa hidup di aliran Sungai Citarum tersebut. Ia pun menilai, saat ini banyak perusahaan industri yang sudah disiplin dan meningkatkan kualitas instalasi pengolahan air limbah (IPAL) di perusahannya masing-masing. 

"Disaat ada perusahaan yang belum optimal mengoperasikan IPAL-nya, kita beri pembinaan untuk memperbaiki kualitas IPAL-nya. Supaya air yang dibuang ke Sungai Citarum atau anak-anak Sungai Citarum sudah bersih atau bagus," ungkapnya. 

Baca Juga: Ingat! Tilang Elektonik di Jabar Diberlakukan Mulai Awal Maret 2021

Komandan Sektor 4/Majalaya bersama jajaran TNI lainnya terjun langsung ke lapangan untuk memantau pabrik-pabrik yang ada IPAL-nya. Kolonel Inf Mulyono pun melihat langsung IPAL di sejumlah pabrik itu, untuk memastikan pengelolaan air limbah sebelum dibuang ke Sungai Citarum. **

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x