217 Desa Gelar Pilkades, Ini Anggaran yang Diberikan Pemkab Garut

- 5 Februari 2021, 15:28 WIB
Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Drs. Rena Sudrajat.,M.Si
Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Drs. Rena Sudrajat.,M.Si /Robbi Taufik

 

GALAMEDIA - Pemerintah Kabupaten Garut melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Garut akan melakanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak pada tahun 2021.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Drs. Rena Sudrajat.,M.Si menegaskan pelaksanaan Pilkades serentak tahun ini 217 desa dari 40 kecamatan yang ada di Kabupaten Garut, segera digelar

“Tahapan-tahapannya kita mulai dari bulan Januari 2021. Anggaran yang diusulkan untuk Pilkades ini sebesar Rp12.911.000 ditujukan untuk bantuan keuangan panitia pilkades di tingkat desa,” ujar Rena saat ditemui di Kantor DPMD, di Jalan Otista, Kabupaten Garut, Jumat 5 Februari 2021.

Lanjut Rena, bantuan keuangan ini akan terbagi menjadi dua sistem, yakni sistem bantuan sama besar (flat), dan sistem proporsional menyesuaikan dengan hak pilih yang ada di desa.

Baca Juga: Aksi Pengeroyokan Terhadap Dua Anggota TNI di Gorontalo, Penyidik Tetapkan 7 Orang Tersangka

“Bantuan keuangan untuk Pilkades ini terbagi ke dalam dua sistem. Yang pertama yaitu seluruh desa akan mendapatkan bantuan keuangan pelaksanaan Pilkades dengan jumlah yang sama (flat) sebesar Rp40 Juta. Yang kedua yaitu sistem proporsional, di mana dari hak pilih dikalikan Rp4.000,” tuturnya.

Pilkades kali ini semuanya akan menggunakan dana APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kabupaten Garut.

“Kami sampaikan kepada desa-desa semua sesuai dengan Permendagri (Peraturan Menteri Dalam Negeri) No. 65 Tahun 2017 perubahan atas Permendagri No 112 Tahun 2014 tentang Pilkades, bahwa anggaran untuk Pilkades ditanggung sepenuhnya oleh APBD. Kami mengimbau kepada desa-desa karena di bulan Desember merupakan bulan penyusunan APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) 2021 agar para (pemerintahan) desa tidak menganggarkan dana untuk Pilkades dari APBDes karena Pilkades sekarang ini ditanggung oleh APBD,” ucapnya.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x