Kini, Ikan pun Sudah Bisa Hidup dan Anak-anak Bisa Berenang di Aliran Sungai Citarum

- 8 Februari 2021, 15:44 WIB
  Komandan Sektor 4/Majalaya Satgas Citarum Harum Kolonel Inf Mulyono HS bersama jajaran Satgas Citarum Harum lainnya sedang mempersiapkan kunjungan kerja Pangdam III/Siliwangi ke Sektor 4/Majalaya di Kampung Radug  Desa Sukamaju Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung, Senin (8/2/2021).
Komandan Sektor 4/Majalaya Satgas Citarum Harum Kolonel Inf Mulyono HS bersama jajaran Satgas Citarum Harum lainnya sedang mempersiapkan kunjungan kerja Pangdam III/Siliwangi ke Sektor 4/Majalaya di Kampung Radug  Desa Sukamaju Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung, Senin (8/2/2021). /Engkos Kosasih
 
GALAMEDIA - Komandan Sektor 4/Majalaya Satgas Citarum Harum, Kolonel Inf Mulyono HS menyatakan, pencemaran lingkungan yang disebabkan limbah cair pabrik tekstil di aliran Sungai Citarum di kawasan Sektor 4/Majalaya Kabupaten Bandung sudah bisa diminimalisir.
 
Hal itu setelah pabrik tekstil tidak lagi membuang limbah cair ke Sungai Citarum, sebelum proses pengolahan melalui instalasi pengolahan air limbah (IPAL). 
 
"Sungai Citarum, sekarang sudah enggak tercemar limbah lagi. Hal itu bisa dibuktikan ikan sudah bisa hidup dan anak-anak yang ada di sekitar aliran sungai sudah mulai mandi di aliran Sungai Citarum," kata Kolonel Inf Mulyono kepada wartawan di Sektor 4/Majalaya, Senin 8 Februari 2021.
 
Mulyono mengatakan, Pangdam III/Siliwangi akan mengadakan kunjungan kerja ke Sektor 4/Majalaya pada Kamis 11 Februari 2021, sehingga jajaran Satgas Citarum Harum melakukan berbagai kegiatan.
 
 
Pangdam bersama jajaran TNI lainnya akan melakukan berbagai kegiatan di antaranya akan menabur ikan di aliran Sungai Citarum di Kampung Radug Balekambang Desa Sukamaju Kecamatan Majalaya.
 
Dikatakannya, menabur ikan itu untuk memastikan bahwa aliran Sungai Citarum sudah tidak lagi tercemar limbah cair dan pencemaran lingkungannya sudah bisa diminimalisir. 
 
"Pada kunjungannya itu, selain menabur ikan di Sungai Citarum,  Pak Pangdam berencana melakukan penanaman pohon produktif di sekitar bantaran Sungai Citarum, yang tidak jauh dari lokasi menabur ikan," katanya.
  
Menurutnya, jenis pohon yang ditanamnya, mayoritas pohon produktif atau tanaman buah-buahan supaya hasilnya bisa dinikmati atau dimanfaatkan oleh rakyat.  
 
"Kehadiran Satgas Citarum Harum  ini untuk membantu rakyat," ujarnya. 
 
 
Selain itu, Pangdam III/Siliwangi berencana akan menyusuri aliran Sungai Citarum serta melakukan peninjauan ke Pos Gabungan (Posgab) Siaga Bencana Sektor 4/Majalaya serta mengadakan silaturahmi dengan sejumlah  pimpinan perusahaan maupun owner pabrik yang ada di kawasan Sektor 4/Majalaya.
 
Untuk merencanakan kesiapan berbagai agenda kunjungan Pangdam III/Siliwangi itu, Satgas Citarum Harum menjalin silaturahmi dengan pimpinan perusahaan di Majalaya, Usman. Supaya persiapannya bisa lebih optimal saat kunjungan Pangdam tersebut. 
 
"Kami berharap sejumlah pihak, mulai dari para kepala desa, muspika, owner perusahaan maupun perwakilan personalia bisa hadir dalam kunjungan Pak Pangdam III/Siliwangi tersebut," katanya. 
 
Sejumlah pihak pun bisa melihat langsung kondisi aliran Sungai Citarum saat ini sudah terlihat bersih dan pencemaran limbah pabriknya bisa diminimalisir. 
 
 
"Sungai Citarum sudah bersih, setelah perusahaan pabrik tekstil yang membuang limbah cair ke Sungai Citarum ditindak," tandasnya. **
 
 
 
 
 

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x