Tangani Covid-19 Indonesia Berikan Bantuan Rp32,1 Miliar ke Palestina, Bantuan Cair pada Semester 1 2021

- 11 Februari 2021, 11:12 WIB
Foto Ilsutrasi Bendera Palestina
Foto Ilsutrasi Bendera Palestina /Kevin_Snyman/Pixabay

 


GALAMEDIA – Pemerintah berencana akan memberikan bantuan sebesar US$2,3 juta atau setara dengan Rp32,1 miliar kepada Palestina untuk melawan Covid-19.

Hal tersebut terungkap dalam siaran pers secara virtual yang digelar Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi dengan Menlu Palestina Riyad Al-Maliki, Rabu, 10 Februari 2021.

Retno menjelaskan mekanisme bantuan tersebut dilakukan melalui Badan Bantuan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Pengungsi Palestina/United Nations Relief and Works Agency (UNRWA) dan Komite Internasional Palang Merah/International Committee of the Red Cross (ICRC).

Baca Juga: TERBARU, Harga Emas Hari Ini, Kamis, 11 Februari 2021 Ada yang Naik juga Turun, Antam 2 Gram Rp1.911.000

Selain itu, pemerintah Indonesia akan mencairkan bantuan tersebut pada semester I 2021 melalui mekanisme yang sudah dibahas oleh Retno secara virtual kepada Riyad di Amman, Yordania, 10 Februari 2021.

Menlu Retno telah ditunjuk sebagai ketua bersama program pengadaan vaksin global COVAX AMC Engangement Group. Dirinya saat ini sedang menyoroti hal yang sama dengan WHO, yakni penekanan keadilan soal distribusi vaksin yang harus merata tersebar ke seluruh negara miskin, termasuk Palestina.

Dalam pertemuan virtual tersebut, seperti dikutip dari Antara, Retno menyinggung persoalan Palestina dengan Israel. Dirinya menegaskan bahwa pemerintah Indonesia terus mendukung perdamaian yang ingin dicapai oleh Palestina melalui negosiasi dengan Israel.

Baca Juga: Ini Dia Bedanya Barongsai dan Liong, yang Selalu Hadir Saat Imlek

Dukungan Indonesia bagi perjuangan Palestina akan selalu berdasarkan Resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB dan perjanjian internasional terkait.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x