Akhirnya Joe Biden Berbicara dengan Xi Jinping untuk Pertama Kalinya, Ini Tema Pembicaraannya

- 11 Februari 2021, 12:56 WIB
Presiden Amerika, Joe Biden
Presiden Amerika, Joe Biden /Twitter/@POTUS

GALAMEDIA – Presiden Amerika Serikat, Joe Biden (78) untuk pertama kalinya sejak menjabat sebagai presiden AS ke-46 melakukan pembicaraan bersama Presiden Cina, Xi Jinping melalui saluran telepon pada Rabu malam, 10 Febuari 2021.

Dikutip Galamedia dari ABC News, Gedung Putih membenarkan bahwa Biden telah melakukan panggilan telepon dengan Xi untuk menegaskan bahwa pendekatan Amerika terhadap China kali ini berbeda dengan masa pemerintahan Donald Trump.

Pada pembicaraan tersebut, Biden menyinggung masalah mulai dari soal persaingan ekonomi antara Amerika dan China hingga krisis hak asasi manusia yang menimpa kaum muslim Uyghur di Xinjiang.

Baca Juga: TERBARU, Harga Emas Hari Ini, Kamis, 11 Februari 2021 Ada yang Naik juga Turun, Antam 2 Gram Rp1.911.000

Kedua negara tersebut turut membahas mengenai penanganan pandemi Covid-19, tantangan keamanan kesehatan global, perubahan iklim, dan pencegahan proliferasi senjata.

Biden pun menekankan mengenai prioritas yang menjadi misi Amerika di Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, karena saat ini wilayah itu sedang diklaim oleh China sebagai bagian dari kelautan negaranya.

Mantan wakil presiden di masa Obama ini turut berkicau di akun Twitter resmi pemerintah Amerika @POTUS.

“Saya berbicara hari ini dengan Presiden Xi untuk menyampaikan harapan baik kepada rakyat China untuk Tahun Baru Imlek. Saya juga berbagi tentang praktik ekonomi Beijing, pelanggaran hak asasi manusia, dan pemaksaan Taiwan,” tuturnya pada Kamis, 11 Februari 2021.

Baca Juga: 4 Hal yang Tak Boleh Dilakukan saat Perayaan Tahun Baru Imlek, Ternyata Tidak Boleh Makan Nasi Berkuah

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x