Hanya Ada 4 Lokasi di Dunia, Kemenkumham Jabar Dorong Akar Wangi Asal Garut Daftar HAKI Indikasi Geografis

- 11 Februari 2021, 15:55 WIB
Kasubbid Kekayaan Intelektual Kanwil Kemenkumham Jabar, Dona Prawisuda menyatakan Tim Kekayaan Intelektual (KI) Kanwil Kemenkumham Jabar sebagai pelopor yang mendorong agar Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) Akar Wangi di Kabupaten Garut didaftarkan sebagai Indikasi Geografis.
Kasubbid Kekayaan Intelektual Kanwil Kemenkumham Jabar, Dona Prawisuda menyatakan Tim Kekayaan Intelektual (KI) Kanwil Kemenkumham Jabar sebagai pelopor yang mendorong agar Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) Akar Wangi di Kabupaten Garut didaftarkan sebagai Indikasi Geografis. /Dok. Kemenkumham Jabar/


GALAMEDIA - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Barat Sub Bidang Kekayaan Intelektual menginisiasi agar lokasi Akar Wangi yang ditanami petani di Kabupaten Garut didorong untuk didaftarkan dalam Hak Kekayaan Intelektual (Haki) Indikasi Geografis, Kamis, 11 Februari 2021.

Kasubbid Kekayaan Intelektual Kanwil Kemenkumham Jabar, Dona Prawisuda mengatakan, Tim Kekayaan Intelektual (KI) Kanwil Kemenkumham Jabar sebagai pelopor yang mendorong agar Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) Akar Wangi di Kabupaten Garut ini didaftarkan sebagai Indikasi Geografis sudah berkordinasi dengan Pemkab Garut melalui Dinas Pertanian Kabupaten Garut.

Dona menjelaskan bahwa Akar Wangi ini hanya ada di empat daerah di dunia dan salah satunya yang di Garut ini.

Baca Juga: Bikin Penasaran, Al Ungkap Status Reyna ke Andin: Link Streaming Ikatan Cinta, Kamis 11 Februari 2021

Disebutkan, jika lokasi Akar Wangi ini sudah terdaftar sebagai Indikasi Geografis maka akan meningkatkan pendapatan petani dan pendapatan daerah.

Disamping itu pula, para petani atau assosiasi akan diuntungkan karena sudah memiliki perlindungan hukum, jelas Dona.

"Akar Wangi yang ada di Kabupaten Garut ini menghasilkan minyak  wangi kualitas dunia. 20 persen suplai biang minyak wangi yang ada di dunia adalah dari Garut ini," jelas Dona.

Tim Kekayaan Intelektual (KI) Kanwil Kemenkumham Jabar mendorong agar Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) Akar Wangi di Kabupaten Garut didaftarkan sebagai Indikasi Geografis.
Tim Kekayaan Intelektual (KI) Kanwil Kemenkumham Jabar mendorong agar Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) Akar Wangi di Kabupaten Garut didaftarkan sebagai Indikasi Geografis.

Tim KI  Kanwil Kemenkumham Jabar disambut baik  Sekdis Pertanian Kabupaten Garut, Haeruman MP.

Sekdis Pertanian Kabupaten Garut, Haeruman MP menjelaskan bahwa Kabupaten Garut kini sudah mendaftarkan 5 (lima) Varietas Tanaman lokal yakni Tembakau, Kemiri Sunan, Jeruk Garut, Kopi  dan Kesemek.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X