Heboh Suara Bergemuruh di Kota Bandung, BMKG Singgung Soal Aktivitas Gempa

- 11 Februari 2021, 18:22 WIB
 Terdengar Suara Gemuruh di Kota Bandung, Begini Penjelasan BMKG
Terdengar Suara Gemuruh di Kota Bandung, Begini Penjelasan BMKG /Pixabay/Mary Theresa McLean


GALAMEDIA - Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Bandung saat ini menelusuri penyebab suara gemuruh yang diduga berasal dari langit Kota Bandung dalam beberapa hari terakhir.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung, Teguh Rahayu menyatakan BMKG tidak menemukan aktivitas gempa bumi di sekitar Kota Bandung, Lembang dan sekitarnya.

Ia mengaku telah menelusuri muasal suara gemuruh dengan peralatan berupa lightning detector, kemagnetan, hingga pemantau cuaca dan jaringan seismograph.

"Berdasarkan monitoring alat-alat tersebut, kami dapat laporkan sebagai berikut. Pertama, jaringan Seismograph BMKG Bandung dari pukul 10.00-12.00 WIB tidak merekam adanya aktivitas gempa bumi di sekitar Kota Bandung, Lembang dan sekitarnya," tutur Teguh dalam keterangan tertulis, Kamis 11 Februari 2021.

Baca Juga: Presiden Jokowi Mengenai PPKM Berskala Mikro, Positif Covid 1 Orang yang Dilockdown Seluruh Kota

Soal suara gemuruh dilaporkan terjadi sekitar pukul 11.12 WIB, tepatnya di sekitar Jalan Setiabudi dan Jalan Cemara, Sukajadi.

Suara tersebut juga terdengar kembali pada pukul 11.44 WIB.

Beberapa warga Kota Bandung mengaku mendengar suara gemuruh tersebut. Salah seorang warga, Audy Erlanda (36), merekam suasana gemuruh pada Kamis siang tadi.

Baca Juga: Sebut 'Aparat Jangan Keterlaluan', Penyidik KPK Novel Baswedan Dilaporkan ke Polisi

Suara gemuruh yang sama diakui sejumlah warga ibu kota provinsi Jawa Barat itu terdengar pula sejak dua hari terakhir.

Selain pemantauan via seismograf, Teguh menyebut alat lightning detector BMKG Bandung dari pukul 10.00-12.00 WIB tidak mencatat aktivitas petir di sekitar Jalan Cemara hingga radius 20-50 Kilometer.

Baca Juga: Mengejutkan, Militer China Kembangkan Tentara Super! Badan Intelijen Nasional: Tak Pedulikan Sifat Etis

Teguh pun mengungkapkan cuaca saat warga mendengar suara tersebut juga cukup cerah. Sementara, data kemagnetan menunjukkan tidak ada anomali atau gangguan pada atmosfer.

"Konfirmasi dari LAPAN Bandung, belum ditemukan atau belum teridentifikasi adanya benda luar angkasa di sekitar lokasi kejadian," imbuh Teguh.

Terkait hal itu penyebab kemunculan suara gemuruh yang diduga dari langit Bandung itu masih belum dapat dipastikan. Namun Teguh menduga suara disebabkan aktivitas manusia.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x