Diam-diam Mantan Menkes Terawan Kembangkan Vaksin Covid-19, Efektif untuk Segala Usia dan Komorbid

- 18 Februari 2021, 14:43 WIB
Mantan Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto.*
Mantan Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto.* /Dok. Humas Setkab./

GALAMEDIA - Setelah tak lagi menjadi Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto diam-diam tengah ikut mengembangkan vaksin Covid-19 yang dinamakan Vaksin Nusantara.

Vaksin ini dianggap efektif untuk untuk segala usia, mulai dari anak-anak hingga diatas 60 tahun, termasuk semua penyakit penyerta (komorbid).

Hal itu disampaikan Terawan di sela mendampingi kunjungan kerja anggota Komisi IX DPR RI di RSUP dr. Kariadi Semarang, Selasa, 16 Februari 2021 lalu.

Ia menyatakan, Vaksin Nusantara bersifat "personalized".

Baca Juga: Indonesia Berduka, Relawan Jokowi Tutup Usia, Jubir Presiden: Beristirahatlah dalam Damai Bung!

"Dengan adanya dukungan dari Komisi IX DPR RI untuk memproduksi Vaksin Nusantara ini, maka mudah-mudahan ada percepatan karena untuk vaksin ini harus ada 'extraordinary' agar negara kita bisa sejajar dengan negara-negara produksi vaksin. Hanya saja platform kita berbeda," tutur Terawan, dilansir Antara.

Ia menegaskan, kehadiran Vaksin Nusantara bukan sebagai saingan vaksin sebelumnya.

Bahkan kerja sama ini sudah dituangkan dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/2646/2020 tentang Tim Penelitian Uji Klinis Vaksin Sel Dendritik SARS CoV-2 pada tanggal 12 Oktober 2020.

Selama ini teknologi sel dendritik masih dilakukan untuk pengobatan kanker melalui teknik rekombinan dengan mengambil sel.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x