Warga Berbondong-bondong untuk Mendapatkan Vaksin Grats dari Dispantang Kota Cimahi

- 18 Februari 2021, 15:27 WIB
Seorang petugas Dispangtan Kota Cimahi sedang menyuntikkan vaksin rabies
Seorang petugas Dispangtan Kota Cimahi sedang menyuntikkan vaksin rabies / LAKSMI SRI SUNDARI/GM
 
GALAMEDIA - Warga Komplek Pondok Mutiara Jalan Jati Serut, Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Kamis, 18 Februari 2021, berbondong-bondong membawa hewan peliharaannya untuk mendapatkan vaksin gratis yang disediakan Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi.

Mereka mendatangi kantor RW 23 yang ada di kompleks tersebut, lokasi tempat pelayanan vaksin rabies dan flu burung tersebut berlangsung. Kebanyakan warga membawa kucing peliharaannya untuk di vaksin namun tetap menerapkan protokol kesehatan, dengan menjaga jarak dan menggunakan masker.

"Saya punya 10 ekor kucing, tapi cuma 2 ekor yang divaksin. Kucing lainnya masih belum cukup umur untuk di vaksin," ujar Sri Martini (48), seorang warga, Kamis.

Ia mengaku setiap tahun memvaksin kucing peliharaaannya. "Sebelumnya saya suka panggil dokter hewan ke rumah untuk vaksin. Sekarang mah suka ikut vaksin yang diselenggarakan pemerintah, gratis," terangnya.

Sri mengatakan jika mengetahui adanya vaksin ini dari pemberitahuan yang diumumkan pengurus RW.
 
Baca Juga: Sinopsis Film Donnie Darko, Tayang Malam Ini 18 Februari 2021 di Bioskop Trans TV

"Di saat pandemi Covid-19 ini kan sangat rentan tertular ya. Dengan vaksin ini ke kitanya biar tenang," ucapnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pertanian Dispangtan Kota Cimahi, Mita Mustikasari mengatakan, Dispangtan Kota Cimahi secara rutin melakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaan milik warga.

"Kita siapkan untuk vaksin masing-masing untuk flu burung sebanyak 600 dosis, dan 800 dosis untuk rabies. Kita mulai laksanakan minggu ini di Kelurahan Cibabat," katanya.

Menurut Mita, untuk vaksin rabies tahun ini jumlahnya lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya yang biasanya selalu sama dengan vaksin flu burung, yakni 600 dosis.

"Berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan vaksin rabies ditahun sebelumnya, dari target 600 dosis suka kurang. Jadi kita suka minta bantuan ke provinsi. Sehingga untuk mengantisipaai kekurangan vaksin, maka di 2021 kita tambah alokasinya," beber Mita.
 
Baca Juga: Prediksi BMKG Terjadi, Hingga Siang Ini 13 Titik di DKI Jakarta Terendam Banjir, Ariza: Emang Agak Ekstrem

Pelaksanaan vaksin rabies dan flu burung dilakukan tersebar di 15 kelurahan yang ada di Kota Cimahi. Sasaran vaksin rabies dan flu burung diantaranya anjing, kucing, musang, monyet, ayam, bebek, entog, dan angsa.

"Warga banyaknya yang bawa kucing, anjing, dan ayam. Tahun kemarin ada juga monyet," kata Mita.

Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi dilakukan di masing-masing kelurahan yang dipusatkan di satu lokasi. Untuk itu pihaknya menyebarkan surat edaran ke kelurahan untuk konfirmasi penjadwalan pelaksanaan vaksinasi.

"Iya  kita berkirim surat ke kelurahan untuk minta penjadwalan vaksinasi, yang meliputi waktu dan tempat pelaksanaan, nanti kelurahan yang menentukan. Petugas dan masyarakat yang mau vaksinasi datang ke tempat yang sudah ditentukan oleh kelurahan yang bersangkutan," jelas Mita.

Diakuinya, setiap diadakan vaksinasi, animo masyarakat untuk memvaksin hewan peliharaanya cukup tinggi. Terbukti setiap pelaksanaan jumlahnya bisa mencapai puluhan. 

"Masyarakat cukup antusias. Kita ngga batasi, selama vaksinnya tersedia, kalau target 'kan 800 dosis, tapi kalau kurang kita bisa koordinasi minta bantuan provinsi," ujarnya.
 
Baca Juga: BMKG Prediksi Cuaca Kota Bandung Jumat sampai Sabtu, Dominasi Berawan dan Hujan Ringan

Di tengah pandemi Covid-19, dalam pelaksanaan vaksinasi ini pihaknya menerapkan protokol kesehatan secara ketat, guna menghindari penyebaran Covid-19.

"Selama kegiatan vaksinasi berjalan kita tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, baik bagi petugas maupun masyarakat yang mau vaksinasi. Kita lakukan penjadwalan pelayanan untuk menghindari kerumunan. Itu bisa kita koordinasikan dengan kelurahannya," pungkas Mita. ***

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x