Waduh, Puluhan Liang Lahat untuk Jenazah Covid di TPU Bambu Apus Jakarta Terisi Genangan Air

- 18 Februari 2021, 15:58 WIB
Liang lahat siap pakai di TPU Bambu Apus, Jakarta Timur, terisi oleh genangan air hujan akibat kontur lahan yang miring serta intensitas curah hujan yang lebat, Kamis 18 Februari 2021. (ANTARA/HO-Dinas LH DKI).
Liang lahat siap pakai di TPU Bambu Apus, Jakarta Timur, terisi oleh genangan air hujan akibat kontur lahan yang miring serta intensitas curah hujan yang lebat, Kamis 18 Februari 2021. (ANTARA/HO-Dinas LH DKI). /

GALAMEDIA - Kondisi tak diduga terjadi di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur.

Puluhan liang lahat yang dipersiapkan sebagai lokasi pemakaman jenazah Covid-19, terisi oleh genangan air hujan, Kamis 18 Februari 2021.

"Liang lahat yang terisi air hujan itu seluruhnya yang sedang kita persiapkan untuk pemakaman jenazah. Jumlahnya sekitar 30 titik di blad 5," jelas Kepala Satuan Pelaksana TPU Bambu Apus, Koko.

Baca Juga: Indonesia Berduka, Relawan Jokowi Tutup Usia, Jubir Presiden: Beristirahatlah dalam Damai Bung!

Koko menyebut, mulanya liang lahat tersebut sengaja dipersiapkan pengelola pemakaman agar mempercepat proses pemakaman pasien Covid-19.

Pasalnya, jumlah jenazah yang dimakamkan dengan prosedur Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir relatif tinggi, mencapai rata-rata 15-30 jenazah per hari.

Sebanyak 40 petugas gali kubur di lokasi, lanjut dia, kewalahan menangani jumlah jenazah yang harus dikuburkan secara manual setiap hari.

Sejak sepekan terakhir TPU Bambu Apus memperoleh bantuan alat berat jenis backhoe loader untuk mempercepat proses penggalian liang lahat.

"Tukang gali kuburan kita ada 40 orang, tapi kan mereka juga harus ada istirahat, sehingga dibantu alat berat dari Pemprov DKI," ungkapnya, dilansir Antara.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x