Jokowi Sebut Banjir Jakarta Lebih Mudah Ditangani Presiden, Rizal Ramli: Lho Pemerintah Pusat ke Mana Aja?

- 21 Februari 2021, 15:39 WIB
Ekonom Senior Rizal Ramli
Ekonom Senior Rizal Ramli /Twitter/@RamliRizal/

GALAMEDIA - Ekonom Senior Rizal Ramli mempertanyakan kehadiran pemerintah pusat dalam menangani banjir DKI Jakarta akhir-akhir ini.

Hal itu seiring kembali viralnya pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang saat masih menjadi gubernur DKI mengatakan bahwa menangani banjir Jakarta lebih mudah jika menjadi presiden.

Di mata tokoh nasional ini, kemampuan pemerintah pusat dalam memanfaatkan kekuasaan untuk menyelesaikan masalah masih minim.

“Lho pemerintah pusat ke mana aja? Kekuasaan punya, tapi kemampuan untuk memanfaatkan kekuasaan untuk selesaikan masalah minim,” ujar mantan Menteri Koordinator Bidang Maritim ini menanggapi sebuah video wawancara Presiden Jokowi, pada akun Twitter pribadinya, Minggu 21 Februari 2021.

Baca Juga: Bocoran dan Live Streaming Buku Harian Seorang Istri 21 Februari 2021: Teka Teki Pencarian Nana

Adapun dalam video yang diunggah tersebut Jokowi memberikan penjelasan kepada presenter bahwa air yang menyebabkan Jakarta banjir berasal dari daerah yang lebih atas.

Selain itu, sambung Jokowi, ada 13 sungai besar melewati ibukota. Di mana semua sungai merupakan kewenangan pemerintah pusat.

Artinya, lanjut Jokowi dalam video itu, banjir Jakarta tidak bisa diselesaikan sendiri oleh gubernur. Normalisasi kali juga akan menjadi percuma tanpa reboisasi dan penanganan lain di hulu.

Baca Juga: Ramai Dugaan Perselingkuhan Nissa Sabyan dengan Ayus, Begini Tanggapan Ustadz Zacky Mirza

Namun demikian, Rizal Ramli menilai ada ketidakkonsistenan pada diri Jokowi. Di mana apa yang disampaikan dengan baik saat itu tidak terlaksana.

“Tidak ada konsistensi antara visi, strategi, personalia dan implementasi. Janji berjibun, pelaksanaan payah,” ujar Menko Perekonomian di era Presiden Gus Dur ini.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x