Jokowi Sebut Banjir Jakarta Lebih Mudah Ditangani Presiden, Rizal Ramli: Lho Pemerintah Pusat ke Mana Aja?

- 21 Februari 2021, 15:39 WIB
Ekonom Senior Rizal Ramli /Twitter/@RamliRizal/

GALAMEDIA - Ekonom Senior Rizal Ramli mempertanyakan kehadiran pemerintah pusat dalam menangani banjir DKI Jakarta akhir-akhir ini.

Hal itu seiring kembali viralnya pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang saat masih menjadi gubernur DKI mengatakan bahwa menangani banjir Jakarta lebih mudah jika menjadi presiden.

Di mata tokoh nasional ini, kemampuan pemerintah pusat dalam memanfaatkan kekuasaan untuk menyelesaikan masalah masih minim.

“Lho pemerintah pusat ke mana aja? Kekuasaan punya, tapi kemampuan untuk memanfaatkan kekuasaan untuk selesaikan masalah minim,” ujar mantan Menteri Koordinator Bidang Maritim ini menanggapi sebuah video wawancara Presiden Jokowi, pada akun Twitter pribadinya, Minggu 21 Februari 2021.

Baca Juga: Bocoran dan Live Streaming Buku Harian Seorang Istri 21 Februari 2021: Teka Teki Pencarian Nana

Adapun dalam video yang diunggah tersebut Jokowi memberikan penjelasan kepada presenter bahwa air yang menyebabkan Jakarta banjir berasal dari daerah yang lebih atas.

Selain itu, sambung Jokowi, ada 13 sungai besar melewati ibukota. Di mana semua sungai merupakan kewenangan pemerintah pusat.

Artinya, lanjut Jokowi dalam video itu, banjir Jakarta tidak bisa diselesaikan sendiri oleh gubernur. Normalisasi kali juga akan menjadi percuma tanpa reboisasi dan penanganan lain di hulu.

Baca Juga: Ramai Dugaan Perselingkuhan Nissa Sabyan dengan Ayus, Begini Tanggapan Ustadz Zacky Mirza

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X