Anies Baswedan Bisa Digugat Karena Banjir, Refly Harun: Gugat Juga Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo

- 21 Februari 2021, 18:08 WIB
Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan saat banjir menggenangi Tol Jakarta Cikampek Km 19 Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu  (20/2/2021). Banjir di jalan Tol Jakarta - CIkampek disebabkan luapan sungai Kali Jambe. ANTARA FOTO/ Fm/Arisanto/hp.
Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan saat banjir menggenangi Tol Jakarta Cikampek Km 19 Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (20/2/2021). Banjir di jalan Tol Jakarta - CIkampek disebabkan luapan sungai Kali Jambe. ANTARA FOTO/ Fm/Arisanto/hp. /Antara Foto/Arisanto/



GALAMEDIA - Pascabanjir yang menerjang Ibukota sejak Sabtu, 20 Februari 2021 yang lalu, nama Anies Baswedan selaku Gubernur menjadi topik perbincangan utama.

Belakangan muncul wacana yang muncul dari sebuah kelompok masyarakat yang menamakan diri Forum Warga Kota Jakarta (Fakta) yang menyarankan warga untuk menggugat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta buntur penanganan bnajir yang tidak maksimal.

Fakta menyoroti soal genangan hebat yang menimpa Jakarta sekarang ini  disebabkan karena tidak adanya peringatan dini dan bantuan darurat yang tidak sesuai.

Selain itu, faktor saluran air dan drainase yang tidak terawat munculnya banjir besar yang muncul sekarang ini.

Baca Juga: Bocoran Sinopsis Ikatan Cinta 21 Februari 2021: Kejahatan Elsa Terungkap Dihadapan Nino dan Aldebaran

Menurutnya, manajemen penanganan dan pencegahan banjir yang tidak sesuai ini dapat dijadikan dasar gugatan ke PTUN.

Adapun wacana itu muncul dari Fakta pada Sabtu, 20 Februari 2021.

Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun melalui kanal YouTube pribadinya 'Refly Harun' pada Minggu, 21 Februari 2021 turut memberikan komentar ihwal wacana pelaporan itu.

Ia mengungkapkan bahwa hingga saat ini belum ada satu Gebrnurpun yang mampu menanggulangi soal banjir.

"Soal banjir ini kita tidak paham, kenapa belum ada satu gubernurpun yang mampu menanggulangi soal banjir ini," kata Refly.

Baca Juga: Serius Klaim Laut China Selatan, Diam-diam Beijing Bangun Kota Megapolitan di Lautan

Refly Harun, masih dalam tayangan yang sama juga mengajak agar adil menilai karena banjir tidak hanya menimpa Jakarta saja.

Bahkan, seandainya mau menggunggat kata Refly, maka gugat juga Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo bahkan daerah lain yang terkena banjir.

"Marilah kita agak adil juga ya dengan Gubernur  DKI, karena banjir ini kan tidak hanya di DKI, tapi juga di daerah Jabodetabek," paparnya.

"Jadi kalau kita mau menggugat Gubernur, ya Gugatlah Anies Baswedan dan Ridwan Kamil. Gugatlah pula Ganjar Pranowo kemarin yang juga Semarang atau Jawa Tengah juga banjir," lanjutnya.

Baca Juga: Dianggap Menghina Presiden Jokowi Soal Revisi UU ITE, Rocky Gerung: Saya Kebanjiran Caci Maki dari Cebong

Kendati begitu, Ia sepakat dengan adanya gugatan ini, menurutnya ini dalam rangka memberikan pembelajaran dan peringatan kepada Pemerintah Provinsi DKI agar lebih 'aware' terhadap banjir.

Ia juga menyinggung salah satu pernyataan yang tempo hari hari disampaikan kepada publik terkait banjir.

Dalam pernyataan itu Anies mengatakan bahwa Pemerintah DKI Jakarta tidak bisa mengendalikan curah hujan, tetapi dampak curah hujan itu bisa ditanggulangi.

"Saya pernah melihat kata-kata Anies Baswedan, ya, bahwa curah hujan mereka tidak bisa kontrol tapi menanggulangi curah hujan tersebut bagaimana me-manage-nya mereka bisa kontrol," kata Dia.

Baca Juga: Dianggap Menghina Presiden Jokowi Soal Revisi UU ITE, Rocky Gerung: Saya Kebanjiran Caci Maki dari Cebong

Refly juga mengritisi soal adanya aktivitas pembangunan yang marak terutama di Jakarta yang sudah merusak ekosistem.

Menurutnya, pembangunan harus memerhatikan lingkungan sebagai prioritas utama, sebaliknya infrastruktur menjadi prioritas berikutnya.

Diakhir tayangannya, Ia menegaskan mendukung dan berharap dikabulkan seandainya gugatan ini dilakukan sebagai bentuk kontrol masyarakat terhadap pemerintahan.

Sehingga menjadi alat pemaksa agar kepala daerah mematuhi dan membuat sistem penanganan banjir yang lebih baik.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x