Lima Provinsi Ini Berpotensi Dilanda Banjir, BMKG Keluarkan Peringatan

- 21 Februari 2021, 19:09 WIB
Ilustrasi banjir yang berpotensi menerjang sejumlah provinsi di Indonesia.
Ilustrasi banjir yang berpotensi menerjang sejumlah provinsi di Indonesia. /Dok Humas Polres Magelang

GALAMEDIA - Masyarakat di lima provinsi diminta mewaspadai terjadinya banjir akibat hujan lebat dalam periode 22-23 Februari 2021. Apalagi status ke lima provinsi tersebut kini siaga banjir.

Kelima provinsi tersebut menurut data prakiraan yang dirilis BMKG di Jakarta, Minggu, 21 Februari 2021, yakni Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Selatan.

Sementara itu, untuk status waspada banjir ada 18 provinsi yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu untuk wilayah Sumatera.

Baca Juga: Sampah Akibat Banjir Pamanukan Masih Menggunung

Di daerah Jawa dan Nusa Tenggara yang masuk dalam kategori waspada adalah provinsi Jawa Barat, D.I. Yogyakarta serta Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Beberapa kabupaten/kota yang diprakirakan masuk dalam siaga banjir akibat hujan lebat di Jawa Tengah adalah Kebumen, Banjarnegara, Purbalingga, Pekalongan, Pemalang, Wonosobo, Temanggung, Kendal, Batang, Magelang, Purwokerto.

Di Jawa Timur terdapat Malang, Pasuruan, Probolinggo. Sidoarjo, Kota Pasuruan, Mojokerto, Kota Batu, Banyuwangi, Jember, Bondowoso, dan Situbondo memiliki status siaga.

Baca Juga: Kerap Dapat Wejangan Ketum PDIP Megawati, Mensos Risma: Kalau Kita Tidak Hati-hati, Kita Akan Tenggelam

Kabupaten/kota yang masuk kategori siaga di Sulawesi Selatan adalah Luwu Utara, Luwu Timur, Kota Palopo, Toraja Utara, Tana Toraja, Barru, Soppeng, Sidenreng, Kota Parepare, Wajo, Jeneponto, Gowa, Maros, Pangkajene Dan Kepulauan, Bone, Takalar dan Kota Makassar.

BMKG juga memperingatkan beberapa provinsi yang masuk dalam kategori waspada terhadap dampak hujan lebat, yaitu Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x