Terasa Hingga Bandung, Gempa Bumi Berkekuatan Magnitudo 4,6 Guncang Sukabumi

- 21 Februari 2021, 23:25 WIB
Ilustrasi teknologi gempa
Ilustrasi teknologi gempa /hurriyetdailynews

GALAMEDIA - Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 4,6 terjadi lautan selatan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu, 21 Februari 2021 hingga terasa ke wilayah Bandung.

Belum ada peringatan tsunami atas gempa tektonik yang terjadi pada pukul 21.56 WIB, Minggu 21 Februari 2021 ini.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan episentrum atau pusat gempa tersebut berada sekitar 72 km di selatan Kabupaten Sukabumi, atau pada koordinat 7.64 LS dan 106.56 BT.

Hiposentrum atau titik gempa di bawah permukaan bumi berada pada kedalaman 28 kilometer.

Baca Juga: Picu Kekhawatiran, Kasus Pertama pada Manusia Tujuh Warga Rusia Positif Flu Burung H5N8

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi Dangkal akibat aktivitas penyesaran dalam Lempeng Eurasia," tulis pernyataan BMKG.

Dampak dari gempa bumi itu dirasakan hingga wilayah Pangandaran, Cianjur, Garut, dan Kabupaten Bandung.

"Gempabumi ini dirasakan di wilayah Cigaru, Pangandaran, Garut Selatan, Cikajang, Cianjur Selatan, Pangalengan, Kota Sukabumi, Cipamingkis, Jampang, Sagaranten, Cisompet, Sindangbarang, Pamengpeuk, Bungbulang, Ciwidey dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu)," lanjut keterangan BMKG.

Baca Juga: Jupe Kembali ke Persib, Robert Alberts: Kita Tidak Pernah Berpikir untuk Melepasnya

Selain itu, guncangan ringan dengan skala intensitas II MMI (getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang) di Palabuhan Ratu, Panggarangan, Cisolok, Cikembar, Tegalbuleud, Bayah, Cikotok, dan Cihara. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

Selain itu, sekitar setengah jam sebelumnya, gempa berkekuatan M4,9 mengguncang wilayah Dompu, Nusa Tenggara Barat. Gempa pada kedalaman 107 kilometer di darat itu terjadi pada pukul 21.01 WIB.

Pusat gempa di permukaan bumi atau episentrum berada di koordinat 8.86 LS, 118.11 BT atau sekitar 53 kilometer barat daya Dompu. Guncangan gempa itu dirasakan dengan skala MMI III di Dompu dan Bima, NTB.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x