Rahasia Besar Candi Borobudur: Dari yang Bersifat Vulgar hingga Alat Perekam Gerakan Langit

- 22 Februari 2021, 11:13 WIB
Candi Borobudur
Candi Borobudur /Foto: Situs Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / indonesia.travel/

GALAMEDIA – Candi Borobudur merupakan salah satu dari sekian banyak keajaiban yang ada di alam semesta. Candi kebanggaan masyarakat Indonesia ini masuk ke dalam tujuh keajaiban dunia sebelum adanya perubahan.

Tentu, itu menjadi sebuah prestasi untuk bangsa ini. Dengan segala hal ajaibnya, candi ini mampu menyedot perhatian jutaan wisatawan pada setiap tahunnya.

Namun, apakah para wisatawan ini mengetahui terkait sejarah pembangunan candi ini? Ada banyak sekali hal-hal tersembunyi dari Candi Borobudur yang masih menjadi misteri hingga kini.

Dilansir Galamedia dari kanal Youtube JUNA WAY, 22 Februari 2021, berikut tiga rahasia besar mengenai Candi Borobudur:

Baca Juga: Giliran Beni Oktovianto Pamitan kepada Persib dan Bobotoh, Sampai Bertemu di Lain Waktu

1. Relief yang tersembunyi

Candi Borobudur merupakan candi dengan arsitektur yang paling rumit dengan banyak relief. Jika para wisatawan jeli, maka mereka akan menemukan panel-panel yang ditimbun dalam tanah.

Letaknya di bagian bawah candi atau tepatnya di bagian fondasi yang tersembunyi yang bernama kamandathu.
Kamandathu ini terdiri dari 160 relief tentang hukum sebab akibat. Sayangnya masih banyak yang belum mengetahui alasan mengapa relief itu disembunyikan.

Nah, ternyata relief ini menggambarkan segala perbuatan buruk manusia dari bergosip, menyiksa, membunuh, hingga melakukan hubungan seksual dengan berbagai posisi. Karena dianggap vulgar, maka relief ini disembunyikan dari publik.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x