Demi Pangeran George, Ratu Didesak Coret Pangeran Harry dan Archie dari Daftar Pewaris Tahta

- 22 Februari 2021, 21:02 WIB
Pangeran George bersama ayah, kakek dan buyutnya dalam foto empat generasi monarki Inggris..
Pangeran George bersama ayah, kakek dan buyutnya dalam foto empat generasi monarki Inggris.. /Instagram @kensingtonroyal/

GALAMEDIA - Gonjang-ganjing Megxit yang berakhir dengan ketegangan antara istana dengan Pangeran Harry dan Meghan Markle berlanjut.

Kini muncul desakan agar Ratu Elizabeth mempertimbangkan kembali garis suksesi takhta monarki Inggris setelah keputusan Pangeran Harry dan Meghan Markle meninggalkan kerajaan untuk selamanya.

Baca Juga: Surat Edaran Kapolri, Penyidik Tak Perlu Lakukan Penahanan Apabila Tersangka Meminta Maaf

Dikutip Galamedia dari Express, Senin (21 Februari 2021) desakan di antaranya dilontarkan sejumlah pakar dan komentator istana.

Mereka menilai sudah selayaknya Ratu mencoret Pangeran Harry dari daftar pewaris tahkta.

Alasannya ha l itu bisa memicu krisis monarki terkait tugas Harry sebagai wali putra sulung Pangeran William, Pangeran George.

Baca Juga: Tim Kajian UU ITE Sudah Ditentukan, Salah Satunya Johnny G. Plate, Menteri Kominfo

Berada di posisi pewaris keenam setelah Pangeran Charles, William dan ketiga anaknya, Harry otomatis akan menjadi wali Pangeran George seandainya skenario terburuk seperti kematian membuat George mewarisi tahta saat usianya masih di bawah umur.

Sesuai regulasi yang dibuat tahun 1937, laki-laki tertua dalam garis suksesi akan diminta untuk bertindak sebagai wali bagi raja atau ratu baru jika mereka naik takhta sebelum berusia 18 tahun.

Duke of Sussex menjadi yang pertama untuk posisi dimaksud setelah kakak laki-lakinya, Duke of Cambridge.

Baca Juga: Disindir Djarot Soal Filosofi Banjir 'Air Ditahan Agar Dapat Ikan', Hidayat Nur Wahid Beri Jawaban Telak

Posisi wali sendiri mengharuskannya warga Inggris yang tinggal di Negeri Ratu Elizabeth tersebut.

Ini tentunya bertentangan dengan keputusan Harry yang telah mengonfirmasi bahwa mereka akan membagi waktu antara Inggris dan Amerika.

Sejauh ini sudah hampir satu tahun The Sussex tak pernah kembali ke Inggris. Lalu siapa yang layak menggantikan Harry?

Baca Juga: Sambut Piala Menpora, Persib Mulai Latihan 1 Maret 2021

Meski ada Pangeran Andrew tapi Duke of York kadung dililit skandal sindikat seks di bawah umur, anak laki-laki kesayangan Ratu itu sudah “divonis” mundur dari semua tugas publik.

Kontributor istana Jeremy Vine dan Dr. Sarah Jarvis menyebut penerapan retroaktif Undang-undang Suksesi Mahkota atas Putri Anne dapat membantu menyelesaikan kebuntuan yang bisa memicu krisis monarki.

Selama ini Putri Anne dikenal sebagai anggota senior kerajaan yang paling berkomitmen pada tugas istana. Anne juga berkarakter tegas sekaligus ibu yang hangat.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Express


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x