Layanan QRIS Kini Hadir di Kabupaten Purwakarta

- 25 Februari 2021, 19:16 WIB
Peluncuran layanan QRIS untuk akses moda transportasi dan kuliner di Kabupaten Purwakarta di Kantor Bank bjb Purwakarta, Kamis, 25 Februari 2021.
Peluncuran layanan QRIS untuk akses moda transportasi dan kuliner di Kabupaten Purwakarta di Kantor Bank bjb Purwakarta, Kamis, 25 Februari 2021. /




GALAMEDIA - Dalam mendukung digitalisasi ekonomi, Bank Indonesia Jawa Barat bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Purwakarta dan bank bjb, meluncurkan penggunaan QRIS dalam akses moda transportasi dan kuliner di Kabupaten Purwakarta di Kantor Bank bjb Purwakarta, Kamis, 25 Februari 2021.

Upaya tersebut merupakan komitmen Bank Indonesia Jawa Barat untuk terus mendorong digitalisasi sistem pembayaran dalam berbagai kegiatan transaksi di masyarakat dengan menggunakan Quick Response Indonesian Standard (QRIS),

Penggunaan QRIS dalam moda transportasi dan kuliner online ini, merupakan bagian dari upaya Kabupaten Purwakarta mentransformasikan wilayahnya menuju era digitalisasi.

Baca Juga: Malam Ini, Jakarta Rayakan Penghargaan Sustainable Transport Award 2021 yang Kalahkan 27 Kota Lain di Dunia

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Herawanto, mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Purwakarta dan bank bjb yang telah bersinergi memberikan kontribusi nyata terhadap pengembangan ekosistem digital di Purwakarta, sebagai salah satu upaya penting mempercepat pemulihan ekonomi Jawa Barat.

"Pilihan untuk melakukan digitalisasi terhadap transportasi dan kuliner ini, juga sebagai bagian dari langkah strategis melengkapi sarana dan prasarana pendukung untuk sektor perdagangan dan pariwisata yang menjadi andalan Kabupaten Purwakarta, khususnya yang digerakkan oleh sektor UMKM," ungkapnya.

Pihaknya berharap melalui digitalisasi tersebut, maka mampu meningkatkan pendapatan dan permintaan masyarakat.

Sehingga diharapkan menjadi salah satu milestone penting proses transformasi ekonomi digital di Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga: Film Korea Harmony (2010): Narapidana Wanita Membuat Paduan Suara di Penjara

Lebih jauh, Bank Indonesia Jawa Barat bekerja sama dengan pemerintah daerah dan otoritas serta perbankan akan terus melakukan upaya akselerasi implementasi QRIS di wilayah Jawa Barat.

Sebagai salah satu media transaksi non tunai yang akan mendorong efiesiensi pelayanan kepada masyarakat, juga peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan pelayanan kepada masyarakat.

Di masa Adaptasi Kebiasaan Baru, penggunaan QRIS menjadi solusi transaksi yang efektif serta mendukung pemulihan ekonomi dengan tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Baca Juga: PSI Ingin 'Bikin Keributan' Dengan Anies Baswedan Soal Banjir Jakarta, Gerindra: Kelar Gitu Sama Sikap Julid?

"Hal ini sejalan dengan upaya kita bersama untuk terus mengendalikan virus Covid-19 namun dengan tetap menumbuhkan perekonomian masyarakat," ujarnya.

Direktur Konsumer dan Ritel bank bjb, Suartini menerangkan kehadiran bjb DigiCash sebagai alat bayar elektronik ini merupakan inovasi yang dipersembahkan bank bjb kepada masyarakat dan perekonomian di Purwakarta.

"Kami berupaya menyediakan berbagai kemudahan penggunaan bjb DigiCash sebagai alat alternatif transaksi non tunai, yang dapat dipergunakan dalam mengakses armada GrabProtect serta sejumlah merchant GrabFood di Purwakarta dan di daerah lainnya," terangnya.

Baca Juga: Arie Kriting Tanggapi Kondisi Indonesia: Bencana dan Pandemi Menjadi Sumber Perseteruan

Pada kesempatan yang sama, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mendukung pelaksanaan program digitalisasi ini untuk meminimalisir kontak dalam kegiatan ekonomi pada saat kondisi pandemi Covid-19.

"Kami berharap upaya digitalisasi UMKM dengan implementasi pembayaran non-tunai di rumah makan merchant Grabfood ini dapat turut mendukung pemulihan ekonomi Purwakarta, khususnya melalui kegiatan UMKM," tambahnya.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x