Terminal Cicaheum Bandung Belum Terapkan Tes GeNose kepada Para Penumpang AKAP dan AKDP

- 1 Maret 2021, 19:56 WIB
Tes Covid-19 melalui GeNose C-19.
Tes Covid-19 melalui GeNose C-19. /dok.foto/Kementerian BUMN/

GALAMEDIA - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, E. M. Ricky Gustiadi mengatakan, pihaknya belum menerapkan pemeriksaan kesehatan kepada penumpang, baik bus AKAP maupun AKDP.

"Jadi sampai saat ini Dishub Kota Bandung belum menerapkan tes GeNose, kepada para penumpang di Terminal Cicaheum," ungkapnya di Gedung DPRD Kota Bandung, Jln. Sukabumi, Kota Bandung, Senin, 1 Maret 2021.

Baca Juga: Ridwan Kamil Ajak Masyarakat Laporkan SPT Sebelum Jatuh Tempo

Terminal Cicaheum menjadi satu-satunya terminal bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) yang dikelola Dinas Perhubungan Kota Bandung.

Menurutnya, hingga saat ini terminal tersebut belum menerapkan prosedur kesehatan, yang merupakan salah satu upaya dalam mencegah penularan Covid-19.

Karena tidak ada anjuran yang mewajibkan penumpang dari Terminal Cicaheum untuk memiliki hasil tes melalui alat deteksi Covid-19 yang menggunakan sampel napas, GeNose.

Dikatakannya dalam penerapan pemeriksaan GeNose di terminal Cicaheum, pihaknya tidak mewajibkan penumpang miliki surat keterangan bebas corona.

Baca Juga: BMKG Keluarkan Peringatan Dini, Besok Hujan Lebat Disertai Petir Terjadi di 24 Provinsi, Termasuk Bodetabek

"Belum ada kebijakan itu, melalui pengecekan suhu tubuh dalam mendeteksi Covid-19, Terminal Cicaheum juga belum memasang alat GeNose dari Kemenkes untuk mengeceknya," ujarnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x