Kedokteran Unpad dan Anhui Zhifei Longcom Biopharmaceutical Kembangkan Vaksin Rekombinan Covid-19

- 2 Maret 2021, 17:27 WIB
Paparan soal pengembangan Vaksin Rekombinan Covid-19 di Rumah Sakit Pendidikan Unpad, di Kawasan Sukajadi, Kota Bandung, Selasa 2 Maret 2021./Remy Suryadie/Galamedia
Paparan soal pengembangan Vaksin Rekombinan Covid-19 di Rumah Sakit Pendidikan Unpad, di Kawasan Sukajadi, Kota Bandung, Selasa 2 Maret 2021./Remy Suryadie/Galamedia /


GALAMEDIA - Fakultas Kedokteran Unpad bekerja sama dengan Anhui Zhifei Longcom Biopharmaceutical melakukan pengembangan Vaksin Rekombinan Covid-19.

Saat ini pengembangan vaksin tersebut telah memasuki uji klinis tahap ke tiga. Dua tahapan sebelumnya dilakukan di China.

Dari dua kali tahapan uji klinis, vaksin itu dianggap terbukti aman serta tidak menimbulkan efek yang serius terhadap para relawan.

Baca Juga: Innalillahi Eks Menkumham Dirundung Duka, Yusril Ihza Mahendra: Orang Baik, Saya Sungguh Kehilangan

"Bahkan vaksin ini memberikan kekebalan yang baik, tapi memang perlu uji klinis ketiga," jelas dr Rodman Tarigan, perwakilan Unpad yang ditunjuk sebagai peneliti utama dalam uji klinis vaksin tahap tiga.

"Penelitian uji klinis fase ketiga Vaksin Rekombinan telah mendapatkan izin persetujuan dari Komite Etik RS Hasan Sadikin dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)," lanjut dia saat ditemui di Rumah Sakit Pendidikan Unpad, Kawasan Sukajadi, Kota Bandung, Selasa 2 Maret 2021.

Masih dikatakan Rodman, uji klinis tahap ketiga ini sudah berjalan sejak akhir Februari hingga April 2021 mendatang. Sedangkan di Indonesia, Kota Bandung ditunjuk sebagai tempat uji klinis.

Pengujian dilakukan di enam rumah sakit, yaitu RSUP Hasan Sadikin, RS Immanuel, RS Unggul Karsa Medika, RSIA Limijati, RS Advent dan RS Al Ihsan.

Baca Juga: PSI Bisa Jadi Ancaman PDIP, Disebutkan 10-15 persen Suara Bisa Dicaplok dengan Cara Gaul

Selain itu, di beberapa negara, juga dilakukan di Ekuador, China, Pakistan dan Uzbekistan.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X