Korban Longsor Cimanggung Segera Tempati Rumah Baru

- 2 Maret 2021, 19:18 WIB
Masjid An-Nur di Dusun Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang yang masih berdiri kokoh walau diterjang longsor dua kali, dan menjadi bendungan pelindung warga. /dokumen pribadi warga

GALAMEDIA - Korban bencana longsor yang merenggut 40 jiwa di Kampung Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kec. Cimanggung, Kab. Sumedang akan direlokasi.

Pemkab Sumedang memastikan jumlah yang akan dipindahkan sebanyak 135 orang.

Tempat relokasi dibagi menjadi dua, yakni korban longsor di perumahan Kampung Daud akan ditempatkan di sekitar Desa Cikahuripan dan lahannya milik pengembang perumahan Kampung Daud sendiri dengan luas sekitar 5 hektare.

Baca Juga: Singgung Ali Mochtar Ngabalin Soal Pencabutan Legalisasi Miras, HNW: Semoga ke Depan Tidak Terulang Lagi

Sedangkan warga terdampak yang dinyatakan tim geologi dan mitigasi kebencanaan yang masuk zona merah di perumahan PT SBG, akan ditempatkan di sekitar perumahan PT SBG karena ada lahan kosong di sekitar perumahan tersebut.

"Kedua lokasi yang akan menjadi tempat relokasi korban longsor dan zona merah itu kami sepakati saat pertemuan yang dihadiri warga korban longsor, RT, RW, Kepala Dusun, BBWS, BPBD dan Forkompincam Kecamatan Cimanggung," tutur Asisten Administrasi Setda Kabupaten Sumedang, Nasam, Selasa 2 Maret 2021.

Dikatakan Nasam, pembangunan rumah tempat relokasi itu dipastikan segera dilakukan oleh Kementerian PUPR dan tempatnya sudah dilakukan pengecekan layak tidaknya dibangun rumah tinggal.

Baca Juga: Geger! Sebagai Penyusun, BKPM Akui Lampiran Investasi Miras Didebat Sangat Sengit

"Hasil pengecekan layak, jadi bisa dipastikan akan segera dibangun dalam waktu dekat ini. Untuk korban longsor yang saat ini dalam pengungsian atau tinggal di rumah saudaranya masing-masing agar bisa bersabar sebelum rumah tersebut selesai dibangun," ungkapnya lagi.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X