Rembuk Nasional Perunggasan Nasional, Wamendag: Negara Harus Hadir Atasi Problematika Peternak Nasional

- 2 Maret 2021, 19:41 WIB
Wamendag Jerry Sambuaga (kanan) dan Ketua Umum Pinsar Singgih Januratmoko (kiri)
Wamendag Jerry Sambuaga (kanan) dan Ketua Umum Pinsar Singgih Januratmoko (kiri) /Dok Pinsar

GALAMEDIA - Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar) dan Gabungan Organisasi Peternak Ayam Nasional (Gopan) menggelar Rembuk Nasional Perunggasan Nasional VIII di Grand Ballroom Hotel Trans, Kota Bandung, Selasa 2 Maret 2021.

Acara yang dibuka oleh Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga itu, membahas berbagai program kerja dan mencari solusi permasalahan yang dihadapi para peternak nasional.

“Acara ini penting untuk meningkatkan soliditas dan kemampuan dan ketahanan peternak dan pengusaha di bidang perunggasan. Saya berharap negara bisa selalu hadir dan memberi dukungan para pelaku di bisang perunggasan,” ujar Wamendag Jerry Sambuaga.

 Baca Juga: MUI Jabar Imbau Lembaga Penyiaran Selektif Mengambil Juru Dakwah yang Moderat atau Wasathiyah

Ia menegaskan, pemerintah akan menyerap aspirasi para peternak. Pasalnya, rakyat Indonesia masih kalah jauh tingkat konsumsi ayam dan telur yang merupakan sumber protein yang terjangkau dibanding dengan negara lain. Apalagi pada saat pandemi, protein sangat dibutuhkan untuk meningkatkan imunitas.

Menurut data Statista pada 2019, rata-rata masyarakat Singapura mengkonsumsi daging ayam 34 kilogram per kapita per tahun, sementara Malaysia 24 kilogram per kapita pertahun. Sedangkan Indonesia hanya 12 kilogram per kapita per tahun.

Menurut Jerry Sambuaga, rembuk nasional tersebut bisa mendorong peningkatan konsumsi nasional yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan.

Dalam rembuk nasional dengan mengangkat tema “Perkuat Sinergitas Kolaborasi Antar Peternak dalam Mewujudkan Iklim Usaha Ayam Broiler yang Berdaulat, Adil, dan Sejahtera Bagi Semua”, juga dicanangkan gerakan mengkonsumsi ayam dan telur “Slogan yang kami usung, “Makan Ayam dan Telur Meningkatkan Imunitas,” ujar Ketua Umum Pinsar Singgih Januratmoko.

Baca Juga: Takut Disuntik Vaksin Covid-19, Polisi Ini Sampai Harus Berteriak-teriak dan Keluarkan Keringat Dingin

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x