Jhoni Allen Cs Ngotot KLB, Pengamat Politik Sebut KLB Partai Demokrat Mustahil Dilakukan Tanpa Restu SBY

- 4 Maret 2021, 09:05 WIB
Jhoni Allen Marbun
Jhoni Allen Marbun /Tangkap layar YouTube/Najwa Shihab



GALAMEDIA - Kekisruhan yang terjadi di tubuh Partai Demokrat kian memanas.

Pecah kongsi dan pembelahan antara kubu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan mantan kader yang telah diberhentikan seperti Jhoni Allen Marbun dan lain-lain semakin nampak.

Isu soal Kongres Luar Biasa (KLB) untuk menggulingkan AHY dari Ketua Umum semakin kuat diserukan  oleh Jhoni Allen.

Baru-baru ini, Jhoni Allen kembali muncul dengan membawa narasi yang sama yakni seruan untuk dilakukannya KLB.

"Kepada kader-kader Partai Demokrat, jangan takut ditekan dan dipecat. Kita akan kembalikan KLB yang akan datang," kata Jhoni Allen dalam  tayangan Mata Najwa yang tayang Rabu, 3 Maret 2021 malam.

Baca Juga: AHY Kumpul Bersama Seluruh Ketua DPC Partai Demokrat di Pangalengan, Andi Arief Singgung Orang Tua Bandel

Hingga muncul nama-nama seperti Moeldoko hingga Marzuki Alie yang disebut-sebut dijagokan untuk gantikan AHY, namun belum ada kepastian kapan dilakukannya KLB itu.

Sisi lain soal kisruh yang terjadi di Partai Demokrat, soal KLB yang diserukan, pengamat politik dan Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari mengatakan bahwa KLB itu sekarang tidak mungkin dilakukan.

"KLB itu (sekarang) tidak mungkin, karena Pak SBY tidak setuju dengan adanya KLB," kata M. Qodari dalam kesempatan yang sama.

Qodari menyebut, hal itu dikarenakan oleh adanya aturan di AD/ART Partai Demokrat yang memberikan porsi kekuasaan atau keputusan yang besar kepada Majelis Tinggi Partai yang kini ditempati SBY.

Baca Juga: Marzuki Alie Lapor Bareskrim dan Jhoni Allen Gugat ke Pengadilan, Partai Demokrat: Ada yang Nangis-nangis

"Kita lihat saja AD/ART terakhir. Saya lihat di pasal 17 halaman 10, Majelis Tinggi Partai adalah badan yang bertugas mengambil keputusan strategis partai," lanjut dia.

"Kalau dilihat dari struktur kepemimpinan, kelihatannya Majelis Tinggi Partai ini kekuasaannya lebih besar dari ketum. Sementara ketua umum dipilih melalui kongres," tambahnya.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x