Fakta Mutasi Virus Corona B.1.1.7 yang Muncul di Indonesia, IDI: Vaksin Covid-19 Masih Efektif untuk B.1.1.7

- 4 Maret 2021, 09:39 WIB
Ilustrasi Covid-19. Varian baru Covid sitemukan di Karawang, Jabar
Ilustrasi Covid-19. Varian baru Covid sitemukan di Karawang, Jabar /Pixabay/TheDigitalArtist/

GALAMEDIA – Virus Corona atau Covid-19 telah bermutasi. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan telah ditemukan dua kasus mengenai mutasi virus corona yang bernama B.1.1.7 berasal dari Inggris.

Gubernur Provinsi Jawa Barat, Ridwan Kamil mengklaim jika virus dengan varian baru ini sudah masuk ke Indonesia. Demi mencegah penyebarannya, Ridwan Kamil meminta Satgas Covid-19 melakukan pelacakan lebih luas.

Berikut ini mengenai fakta mutasi virus corona B.1.1.7 yang telah masuk ke Indonesia, dirangkum Galamedia dari beberapa sumber.

Sudah masuk Indonesia yang dibawa dari Arab Saudi
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Karawang, Fitra Hergyana mengatakan jika ada dua kasus dari TKW yang terpapar virus corona mutasi B.1.1.7 setelah kembali dari Arab Saudi.

Baca Juga: Sebut PA 212 Tidak Setia, Teddy Gusnaidi: Rizieq Masuk Penjara Mereka Ogah Masuk Penjara

Selain Fitra, Ridwan Kamil pun membenarkan jika dua kasus mutasi virus corona ditemukan di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Ridwan mengatakan, bahwa ia sudah meminta Universitas Padjadjaran (Unpad) untuk melakukan penelitian terhadap virus corona mutasi tersebut.

“Varian baru virus corona diberitakan sudah ada di Indonesia, masuk di Karawang kami sudah melakukan pelacakan dan meminta kalau boleh tim Unpad untuk meneliti UK B.1.1.7 ini,” ujar Ridwan Kamil di RSP Unpad, Bandung, Rabu 3 Maret 2021.

Virus mutasi lebih menular

Dilansir The Conversation, sebenarnya virus mutasi B.1.1.7 ini sudah terdeteksi pada 2020 lalu, dalam waktu yang singkat varian virus ini menyebar ke seluruh Inggris.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x