Menko Luhut Minta Pemda Tetap Waspada Terhadap Bencana dan Iklim, Menko: Jangan Anggap Remeh!

- 4 Maret 2021, 14:18 WIB
 Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. //Instagram.com/@luhut.pandjaitan

 


GALAMEDIA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menghadiri Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) yang diadakan di Jakarta, Kamis, 4 Maret 2021.

Menko Luhut mengatakan persentase potensi kehilangan Produk Domestik Bruto (PDB) akibat dampak bencana sebesar 0,10 persen pada 2024.

Perhitungan tersebut merupakan indikator peningkatan ketahanan bencana dan iklim yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang RPJMN 2020-2024.

Oleh karena itu, ia meminta daerah untuk terus meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami yang tidak bisa diprediksi.

"Saya mohon teman-teman gubernur, bupati, walikota dan semua sampai ke bawah, tolong perhatikan ini, target-target yang sudah disusun ini. Ini penting," kata Menko Luhut dalam Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) dikutip Galamedia dari Antara.

Baca Juga: Rizal Ramli Ungkap Alasan Dipecat dari Menko Kemaritiman: Jokowi Lemah dan Memble Ditekan Taipan dan Pengpeng

Selain potensi kehilangan PDB, dalam Perpres Nomor 18 Tahun 2019 juga ada target kecepatan penyampaian informasi peringatan dini bencana kepada masyarakat dari 5 menit pada 2019 menjadi 3 menit pada 2024 nanti.

Dengan target tersebut, Menko Luhut meminta daerah untuk mempersiapkan diri atas potensi bencana di wilayah masing-masing.

"Mungkin di daerah masing-masing perlu melakukan gladi sendiri-sendiri untuk supaya semua orang tahu apa yang harus dilakukan manakala terjadi apa. Eloknya mungkin tiap tahun," ujar Menko Luhut.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x