Warga DKI Jakarta Tak Puas dengan Kepemimpinan Anies Baswedan, NSN: Hanya Berputar-putar pada Narasi

- 4 Maret 2021, 17:01 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. / Instagram @aniesbaswedan/

GALAMEDIA - Tingkat kepuasan masyarakat DKI Jakarta terhadap Gubernur Anies Baswedan sangat rendah.

Hal itu terungkap dari hasil survei yang dilakukan oleh Nusantara Strategic Network (NSN). Survei menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap Anies hanya mencapai 39,3 persen.

Baca Juga: Soal Unlawful Killing Kasus Penyerangan Laskar FPI, Polri: Kami Masih Berproses

"Tingkat kepuasan publik terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan rendah sekali, di bawah 40 persen," jelas Direktur Program NSN Riandi dalam siaran persnya, di Jakarta, Kamis, 4 Maret 2021.

Riandi menerangkan, sebagian besar publik ibu kota merasa tidak puas, yakni sebanyak 51,5 persen, sisanya tidak tahu/tidak jawab 9,2 persen.

Namun, dalam sejumlah survei calon presiden, nama Anies kerap bertengger di jajaran atas. Anies juga diyakini akan maju lagi untuk kedua kalinya jika pilkada jadi digelar pada 2022.

Tetapi, kata Riandi, dengan kinerja yang buruk, Anies harus bekerja keras untuk bisa kembali menang.

Baca Juga: Kaget Namanya Disebut-sebut dalam KLB Partai Demokrat, Ridwan Kamil: Jangan Ganggu AHY, Kasihan

"Sejak awal menjabat sebagai Gubernur, Anies tampak tidak mampu men-deliver program sebagaimana yang dilakukan kepala-kepala daerah lainnya," ujar Riandi.

Anies hanya berputar-putar pada narasi, yang memang menjadi keunggulan dalam mengatur kata-kata lewat media.

Terlebih, sejumlah anggota DPRD DKI Jakarta yang dimotori Partai Solidaritas Indonesia (PSI) berniat menggulirkan interpelasi soal banjir.

Dalam janji kampanyenya, kata dia, Anies mengusulkan naturalisasi sebagai alternatif normalisasi, tetapi banjir tetap menerjang ibu kota.

Baca Juga: Dipantau Plh Wali Kota Ngatiyana, Para Pedagang Pasar Atas Baru Cimahi Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19

"Sisa waktu Anies untuk memperbaiki kinerjanya makin sempit sebelum habis periode pada tahun depan, apalagi jika jadwal pilkada dimundurkan pada 2024, peluang Anies makin tipis untuk berlaga di panggung politik nasional," jelas dia dilansir Antara.

Nusantara Strategic Network (NSN) melakukan survei pada 20-27 Februari 2021, secara tatap muka dengan 400 responden mewakili seluruh wilayah di DKI Jakarta.

Survei menggunakan metode multistage random sampling, dengan margin of error ±4,9 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.***

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x