Berawal dari Hobi, Bisnis Miniatur Kereta Api Milik Edi Bisa Raup Puluhan Juta Rupiah dalam Sebulan

- 4 Maret 2021, 19:32 WIB
Miniatur kereta api buatan Edi Mardijanto (52) banyak diminati orang, termasuk dari luar negeri./Laksmi Sri Sundari/Galamedia
Miniatur kereta api buatan Edi Mardijanto (52) banyak diminati orang, termasuk dari luar negeri./Laksmi Sri Sundari/Galamedia /

GALAMEDIA - Menggeluti bisnis yang sesuai hobi, tentunya akan lebih menyenangkan. Seperti yang dilakukan Edi Mardijanto (52).

Berawal dari kesukaannya pada kereta api, warga Jalan Haji Haris, RT 01/RW 07, Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi ini mampu meraup pundi-pundi rupiah.

Di rumah milik orang tuanya, Edi dibantu tujuh orang pegawainya memproduksi miniatur kereta api yang memiliki daya jual tinggi.

Baca Juga: Singgung Soal Pertumpahan Darah, Andi Arief Tuding Moeldoko Ugal-ugalan Ingin Singkirkan AHY

Beragam jenis miniatur kereta api sudah pernah dibuatnya. Seperti lokomotif uap zaman Belanda, lokomotif jenis CC 206, CC 205, LRT, dan KRL sudah sempat dibikinnya.

Bahkan ada beberapa karyanya yang sudah merambah pasar Asia, Amerika hingga Eropa, sehingga memiliki omzet puluhan juta setiap bulannya.

Pembuatan miniatur kereta api yang dirintis Edi dimulai tahun 2002. Ketika itu ia baru saja dirumahkan oleh IPTN atau PT Dirgantara Indonesia dan tidak dipanggil kembali bekerja.

Kemudian Edi bertemu dengan teman-teman sesama komunitas kereta api, hingga kemudian terinspirasi untuk membuat miniatur kereta api lokal.

Baca Juga: Heboh Jokowi Ajak Benci Produk Asing, Mendag M Lutfi Ungkap Presiden Sedang Marah-marah

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x