Gelar Forum Perangkat Daerah, DLH Wujudkan Perlindungan dan Pengelolaan Kualitas Air, Udara, Sampah dan RTH

- 5 Maret 2021, 16:32 WIB
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi menggelar kegiatan Forum Perangkat Daerah yang berlangsung di Aula gedung A Kompleks Perkantoran Pemkot Cimahi Jalan Rd Demang Hardjakusumah, Jumat (5/4).
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi menggelar kegiatan Forum Perangkat Daerah yang berlangsung di Aula gedung A Kompleks Perkantoran Pemkot Cimahi Jalan Rd Demang Hardjakusumah, Jumat (5/4). / LAKSMI SRI SUNDARI/GM

GALAMEDIA - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi menggelar kegiatan Forum Perangkat Daerah yang berlangsung di Aula gedung A Kompleks Perkantoran Pemkot Cimahi Jalan Rd Demang Hardjakusumah, Jumat 5 Maret 2021.

Kegiatan yang dibuka Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Cimahi, Achmad Nuryana tersebut diikuti sekitar 29 orang, diantaranya perwakilan DPRD Kota Cimahi, perwakilan perangkat daerah Kota Cimahi, Camat, perwakilan pelaku usaha, perwakilan perguruan tinggi, perwakilan  LPM, LSM, dan komunitas peduli lingkungan se-Kota Cimahi.

Kepala DLH Kota Cimahi, Lilik Setyaningsih menjelaskan, Forum Perangkat Daerah DLH merupakan forum sinkronisasi pelaksanaan urusan pemerintah daerah, khususnya urusan lingkungan hidup, untuk merumuskan progran dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi DLH Kota Cimahi.

"Dengan diselenggarakannya forum perangkat daerah ini, diharapkan tercipta sinergitas antara DLH melalui rencana program dan kegiatannya, dengan seluruh stakeholder di Kota Cimahi dalam seluruh proses pembangunan, terutama dalam pencapaian sasaran  strategis DLH," terangnya.

Baca Juga: Loyalis SBY Tanggapi Moeldoko KLB Demokrat, Dipo Alam: Partai Demokrat Perjuangan Akan Lahir!

Sasaran stategis DLH ini, lanjut Lilik, diantaranya meningkatnya pelayanan pengelolaan persampahan, terwujudnya perlindungan dan pengelolaan kualitas udara, terwujudnya perlindungan dan pengelolaan kualitas air, serta terwujudnya perlindungan dan pengelolaan kualitas ruang terbuka hijau (RTH).

Selain itu, penyelarasan rencana program dan kegiatan DLH tahun 2022, dengan usulan program dan kegiatan dari hasil Musrenbang kecamatan, khususnya usulan
Bidang fisik yang sudah dilaksanakan pada awal bulan februari 2021 yang lalu.

"Sasaran strategis lainnya adalah penyelarasan program dan kegiatan DLH, dengan perangkat daerah lainnya, dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan, untuk sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah. Serta penyesuaian pendanaan prgram dan kegiatan prioritas," berdasarkan pagu indikatif," beber Lilik.

Baca Juga: Sebut Moeldoko Gulingkan AHY dengan Cara Premanisme, Arief Poyuono Sebut Coreng Kredibilitas Presiden Jokowi

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Cimahi, Achmad Nuryana dalam sambutannya mengatakan, Pemkot Cimahi pada Januari 2021 telah melaksanakan kegiatan fokus group discussion (FGD) dan Musrenbang tingkat kelurahan. Dan pada awal Februari 2021, Pemkot Cimahi telah melaksanakan FGD dan Musrenbang tingkat Kecamatan yang telah berjalan dengan cukup baik dan lancar.

"Acara forum perangkat daerah merupakan tahapan lebih lanjut dalam menyampaikan rancangan rencana kerja pembangunan daerah kota cimahi tahun 2022, untuk memperoleh masukan dan saran penyempuranan dari stakeholder kota cimahi yang memiliki kompetensi yang relevan terhadap permasalahan pembangunan, prioritas  dan isu-isu strategis daerah," bebernya.

Dalam kesempatan tersebut, Achmad juga mengatakan, tema pembangunan Kota Cimahi pada tahun 2022 adalah “Melanjutkan Pemulihan Sosial dan Ekonomi Menuju Masyarakat Sejahtera Yang Dodukung Dengan Insfrastruktur Berkelanjutan“.

Baca Juga: Moeldoko Jadi Ketua Umum Partai Demokrat Versi KLB Sumatera Utara, Presiden Jokowi Didesak Turun Tangan

"Tema melanjutkan pemulihan sosial dan ekonomi melalui partisipasi masyarakat dimaksudkan untuk dapat meningkatkan produktifitas prekonomian daerah, melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia yang trampil kreatif, dan inovatif pada sektor-sektor dengan memanfaatkan teknologi informasi, yang didukung pula dengan pembangunan infrastruktur berkualitas," terangnya.***

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x