Diprotes Berbagai Negara, Ini Alasan China Minta Tes Anal Covid-19 pada Wisatawan

- 6 Maret 2021, 12:52 WIB
Ilustrasi COVID-19
Ilustrasi COVID-19 ///Ken Affila Syach Maulana///Pixabay/geralt


GALAMEDIA - Wisatawan yang berkunjung ke beberapa kota di China diminta untuk melakukan tes usap anal untuk Covid-19. Dilansir Galamedia dari Live Science, tindakan tersebut telah memicu protes dari berbagai negara.

Pada Minggu ini, pejabat di Jepang mengeluh bahwa beberapa warga Jepang yang tiba di China telah menjalani tes tersebut, namun kemudian 'menyebabkan sakit psikologis yang hebat'.

Dan pada Februari lalu, beberapa diplomat Amerika Serikat (AS) juga mengatakan mereka diminta untuk mengikuti tes anal tersebut, dan memicu keluhan dari Departemen Luar Negeri AS.

Baca Juga: Elsa Mengungkap Identitas Reyna, Ibu Rosa Sedih: Sinopsis Ikatan Cinta 6 Maret 2021

"Departemen Luar Negeri tidak pernah menyetujui pengujian semacam ini dan memprotes langsung kepada Kementerian Luar Negeri ketika kami mengetahui bahwa beberapa staf menjadi sasarannya," kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS.

Akan tetapi, pejabat China menyangkal bahwa diplomat AS telah diminta untuk menjalani tes anal.

Tidak diketahui berapa banyak wisatawan internasional yang diminta untuk melakukan tes anal, tetapi Kota Beijing dan Shanghai dilaporkan telah meminta tes untuk beberapa kedatangan ke kota tersebut.

Baca Juga: Ironis, Mendag Izinkan Impor Beras 1 Juta Ton, Hidayat Nur Wahid: Padahal Jokowi Gaungkan Benci Produk Asing

Beberapa dokter China mengatakan tes dilakukan untuk menangkap pembawa virus yang mungkin tidak menunjukkan gejala, atau yang mengembangkan gejala ringan tetapi pulih dengan cepat. Itu karena virus corona baru dapat dideteksi dalam tinja lebih lama daripada di hidung dan tenggorokan.

"Beberapa pasien tanpa gejala atau mereka dengan gejala ringan pulih dengan cepat (dari Covid-19), dan mungkin tes tenggorokan tidak akan efektif untuk orang-orang ini," kata Li Tongzeng, seorang dokter penyakit menular di China.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x