Kapasitas dan Kualitas Layanan di Laboratorium Kesehatan Provinsi Jabar Harus Ditingkatkan

- 7 Maret 2021, 18:26 WIB
Wakil Ketua Komisi V DPRD Jawa Barat, Abdul Hadi Wijaya
Wakil Ketua Komisi V DPRD Jawa Barat, Abdul Hadi Wijaya /Dok DPRD Jabar.

GALAMEDIA - Komisi V DPRD Jawa Barat meminta pemerintah meningkatkan kapasitas dan kualitas layanan Laboratorium Kesehatan Provinsi Jabar. 

Selain untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat terkait laboratorium klinik, fasilitas tersebut sangat diperlukan untuk uji sampel virus corona mengingat saat ini masih terjadi pandemi.

Wakil Ketua Komisi V DPRD Jawa Barat, Abdul Hadi Wijaya mengatakan, saat ini keberadaan Laboratorium Kesehatan Jawa Barat sangat diperlukan untuk menguji sampel covid-19. 

"Karena diperlukan uji sampel Covid-19 yang banyak dan berkelanjutan. Penduduk Jawa Barat paling banyak, wilayahnya luas," ungkapnya saat dihubungi via telepon seluler, Minggu, 7 Maret 2021.

Baca Juga: Sebut Perbuatan Moeldoko Memalukan, AHY: Kalau Kami Diam, Kami Membunuh Demokrasi di Negeri Kita

Diakuinya, laboratorium kesehatan tersebut masih belum maksimal dalam melayani, karena adanya keterbatasan anggaran dan mobile laboratorium.Terlebih sangat bergantung pada anggaran APBD Jawa Barat. 

Menurutnya idealnya Labkes Jabar bisa turun langsung ke masyarakat untuk menguji sampel Covid-19, untuk membantu meminimalisasi penyebaran virus corona. 

"Misalnya melakukan pengetesan secara mobile dengan langsung turun ke pemukiman warga," katanya. 

Dikatakannya, Labkes Jawa Barat sudah memiliki peralatan yang mutakhir, serta didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas, sehingga harus dimaksimalkan keberadaannya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x